Manfaat Membuat Taman Kecil Depan Rumah

Advertisement
Ketika membangun rumah sisakan sedikit lahan untuk membuat taman kecil depan rumah. Taman memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk sebuah hunian.

Manfaat Taman Untuk Hunian


 Estetika

Estetika atau keindahan dari sebuah rumah bisa didapatkan dari adanya taman. Taman yang indah akan menambah nilai estetika rumah. Taman identik berisi tanaman, kolam kecil, dan air mancur. Unsur-unsur alami seperti tanaman menambah warna yang membuat rumah semakin indah. Kesan sejuk dan asri juga menjadi salah satu daya tarik dari taman.

 Menghasilkan oksigen
Tanaman, komponen utama dari sebuah taman. Mulai dari macam-macam bunga, rumput, dan juga pohon kecil. Semua tanaman hijau berfotosintesis kemudian menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi penghuni. Ada beberapa tanaman yang berfungsi mengurangi polusi udara dan mengolah menjadi udara bersih. Dengan adanya tanaman di rumah maka udara menjadi lebih segar dan bersih.

 Sarana bermain dan belajar

Tak sekadar menambah keindahan hunian Anda. Taman juga bisa menjadi sarana bermain dan belajar bagi anak-anak. Anak bisa bermain dengan leluasa di taman. Selain itu anak dapat belajar mengenali jenis tumbuhan dan merawat tumbuhan. Dewasa ini, anak-anak lebih memilih bermain game dengan gadget daripada permainan tradisional.

 Tempat santai

Selain tanaman, taman rumah bisa dihias dengan air mancur. Dilengkapi juga dengan tempat duduk yang sangat cocok untuk tempat bersantai. Banyak keluarga yang hanya bisa berkumpul saat akhir pekan. Berkumpul dengan keluarga di taman sambil bersantai bisa menciptakan suasana hangat.

 Area Resapan

Area taman sebaiknya masih berupa tanah. Lokasi ini bisa menjadi area resapan. Area resapan sangat penting untuk sebuah hunian. Berfungsi untuk menyerap air hujan untuk menghindari banjir. Bukan hanya menghindari banjir, namun air bisa membuat tanaman dan rumput tumbuh subur.

Itulah  beberapa manfaat dari taman. Untuk membuat taman di depan rumah pertimbangkan beberapa hal. Pertama, gunakan lahan sisa untuk membuat taman. Taman tak harus luas, manfaatkan dengan maksimal lahan yang ada.

Kedua, desain taman dengan konsep minimalis. Konsep minimalis cocok dengan luas lahan yang minim, berlaku juga dengan taman.

Ketiga, pilihlah komponen isi taman dengan tepat. Jangan pilih tanaman yang membahayakan anak-anak. Misalkan kaktus, mawar,kedua tanaman ini memiliki duri dan tidak disarankan  jika ada anak-anak. Pembuatan taman kecil di depan rumah juga bisa diselaraskan dengan desain kolam minimalis. Selamat berkebun di hunian tercinta!

1 Response to "Manfaat Membuat Taman Kecil Depan Rumah "