Desain dan Cara Membuat Kolam Renang di Rumah

Advertisement
Ingin berenang tapi tidak pernah bisa meluangkan waktu? Kenapa tidak membuat kolam renang di rumah saja? Selain praktis, sebenarnya harganya juga tidak terlalu mahal kok. Yang anda butuhkan hanya kemampuan, ketelitian, dan penguasaan tentang cara membuat kolam renang di rumah dengan baik.

Tentu saja, ukuran kolam renang yang akan anda buat tidak akan lebih besar dibandingkan kolam renang di gelanggang olahraga. Namun, cukup untuk memenuhi kebutuhan berolahraga dan meluangkan waktu dengan berenang bersama keluarga. Selain itu memiliki kolam renang di rumah juga lebih aman dan terjaga privasinya. Dengan estimasi biaya sekitar 5 juta rupiah saja, anda bisa mewujudkan impian memiliki kolam renang di rumah.
Contoh desain kolam renang di rumah dengan desain elegan

Nah, simak beberapa langkah berikut untuk membuat kolam renang di rumah.

Menyiapkan Kebutuhan untuk Membuat Kolam Renang
  1. Buatlah kontruksi ringan dengan menggunakan denah sederhana. Fungsi denah ini adalah untuk membuat tampilan dan perangkat dasar kolam lebih kuat dan baik. Selain itu, denah berfungsi sebagai acuan dasar dalam membangun kerangka dasar kolam renang.
  2. Siapkan pula beragam perangkat lainnya. Misalnya saja, mesin diesel untuk menyedot air, paralon dengan pipa yang kuat, selang-selang air yang panjang, wadah-wadah penyaringan, serta instalasi listrik yang prima. Bahan-bahan pembuatan kolam seperti semen, batu bata, keramik, dan batu-batu lainnya juga penting disiapkan.
  3. Siapkan pula beragam keperluan untuk kebersihan kolam renang. Yaitu kaporit, pembersih air, timba-timba plastik, alat pengambil daun, dan lain-lain.
Setelah berhasil menyiapkan beberapa ragam kebutuhan tersebut. Maka langkah selanjutnya adalah berikut ini.

Menentukan Letak dan Ukuran Kolam
Setelah anda berhasil membuat denah, maka langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran kolam. Ukuran kolam renang biasanya adalah sekitar 4 x 7 meter. Ukuran ini cukup ‘besar’ untuk rumah yang mungil. Jika ruang belakang rumah anda hanya tersisa 3 x 6 meter, tentu saja tidak mengapa. Apabila telah ditentukan ukuran luas dan lebar. Tentukan pula kedalaman kolam.

Kedalaman kolam untuk orang dewasa adalah sekitar 2 meter. Namun, jika pembuatan kolam ini untuk anak-anak anda, sebaiknya berukuran sekitar 1 meter hingga 1,2 meter saja. Intinya sesuaikan dengan tinggi badan anggota keluarga.

Memulai Penggalian dan Membangun Kontruksi Kolam

Dua tukang saja, sebenarnya cukup untuk membuat kolam minimalis sederhana di rumah anda. Setelah anda memiliki ukuran kolam, lay out kolam (biasanya menggunkan lay out persegi panjang), dan tema kolam (bisa bertema apa saja yang sesuai kebutuhan anda), maka proses pembangunan kolam dimulai.

Uji Ketahanan Kolam Renang

Buatlah pula bak penampungan air untuk menampung air dari kolam. Sediakan paralon untuk membuang air kolam yang telah kotor. Setelah penggalian dan pembangunan selesai, tunggu hingga kolam benar-benar kering. Sebaiknya dibiarkan hingga tiga hari untuk hasil kering yang sempurna.

Setelah itu uji kolam dengan mengisinya dengan air penuh. Biarkan selama dua hari. Jika kolam bocor, maka air kolam akan berkurang. Jika tidak maka proses selanjutnya adalah pembersihan dengan kaporit. Gunakan sekitar satu kilogram kaporit ke dalam air, dan di hari berikutnya adalah setelah kilogram soda api dan tiga kilogram tawas. Baru kemudian, akan tampak kotoran yang melimpah di dalam kolam.

Bangun Sirkulasi yang Baik

Setelah proses uji dan pembersihan kolam selesai. Maka langkah berikutnya adalah membangun sirkulasi pengairan yang baik. Isi bak penampungan air, lalu alirkan lewat bak penyaringan, kemudian baru masuk ke dalam kolam renang. Nah, kolam renang di dalam rumah anda sudah siap untuk digunakan.
Desain kolam renang besar untuk rumah mewah

Ternyata, mudah bukan mempraktikkan cara membuat kolam renang di rumah? Selamat mencoba!
Contoh gambar kolam renang pribadi cita rasa klasik dan simple
Gambar kolam renang dengan pagar guna mengamankan anak-anak

0 Response to "Desain dan Cara Membuat Kolam Renang di Rumah"

Poskan Komentar