Tips Memilih Jenis Lantai Rumah

Advertisement
Tips memilih jenis lantai rumah yang baik dan benar memang lebih sulit dibandingkan dari sekedar memilih bahan material kemudian mengaplikasikannya ke dasar rumah. Banyak faktor dalam membangun lantai rumah yang perlu dipertimbangkan karena akan mempengaruhi penampilan, kenyamanan dan kekuatan hunian yang sedang dibangun.

Lantai yang indah dan cantik akan memberikan suasana yang lebih baik bagi penghuni rumah, dan lantai yang kuat dan kokoh juga akan menciptakan keamanan dan keselamatan bagi seluruh anggota keluarga.



Tips Cara Memilih Jenis Lantai Rumah Yang Baik


Pertama yang harus Anda pertimbangkan ialah memilih jenis lantai rumah yang cocok dengan lingkungan apakah dari segi ketinggian tanah dari permukaan laut atau kelembaban udara yang ada.

Anda bisa memilih banyak jenis lantai yang sekarang populer di bidang property tanah air di antaranya yaitu :

  1. Lantai Kayu
  2. Lantai Marmer
  3. Lantai Keramik dan Porselen
  4. Lantai Batu Alam
  5. Lantai Ubin

Kedua, Anda harus mempertimbangkan daya tahan lantai. Lantai yang dibuat dari kayu tentu memiliki kelemahan dari segi keawetan, semisal jika Anda mempunyai hewan peliharaan tentu akan mencakar yang bakal meninggalkan bekas goresan pada lantai kayu. Atau rayap yang akan memakan bahan kayu pada lantai, adapun kayu yang tahan rayap itu sangat mahal yakni kayu jati.

Ketiga, Anda harus mempertingkan biaya atau anggaran dalam memilih jenis lantai pada rumah. Proses konstruksi atau pengerjaan tukang bangunan tentu akan memakan biaya besar seiring dengan luasnya lantai yang dibangun. Bahan-bahan material bangunan juga harus dipertimbangkan, mulai dari semen, pasir, keramik, marmer dan lainnya.



Keempat adalah mempertimbangkan faktor penampilan rumah. Tidak semua jenis lantai itu cocok dibangun pada setiap rumah, semisal rumah minimalis modern akan lebih indah jika menggunakan jenis lantai keramik atau porselen. Lantai kayu akan memberikan kesan alam dan lebih cantik daripada yang lainnya, dan jenis keramik mempunyai banyak pola dan warna yang bisa disesuaikan dengan kreasi pemilik rumah.

Sedangkan rumah tradisional yang alami akan lebih baik menerapkan jenis lantai kayu, ubin atau kayu. Kombinasi dari beberapa jenis lantai juga bisa diterapkan pada hunian Anda, semisal pada ruang teras Anda menggunakan lantai batu alam supaya cocok dengan taman depan rumah, dan pada bagian dalam rumah menggunakan keramik, dan khusus pada kamar mandi dan dapur menggunakan jenis lantai yang keset supaya tidak licin.

Kelima, menggunakan dasar beton apa tidak ? dasar lantai berupa beton memang membuat rumah menjadi kokoh dan sangat kuat terhadap serangan rayap. Akan tetapi mahalnya biayanya tentu harus Anda pertimbangkan juga.

Yup ! itulah ulasan tips memilih jenis lantai rumah yang mudah dan bisa Anda terapkan secara mandiri, selamat membangun hunian impian ya sobat.

0 Response to "Tips Memilih Jenis Lantai Rumah"

Poskan Komentar