Harga Barang Bangunan Terbaru 2015

Advertisement

Bagi Anda yang ingin memangun sebuah rumah pada tahun ini tentu harus update mengenai harga barang bangunan terbaru 2015 supaya dapat membuat anggaran belanja konstruksi hunian. Cara membuat rumah yang baik harus diawali dengan pembuatan anggaran karena bisa menghidarkan kita dari pembengkakan biaya atau mandeknya proses pembangunan rumah.

Anda yang tinggal diYogyakarta, Medan, Surabaya dan lainnya harus selalu mengikuti perkembangan harga bahan bangunan. Banyak harga barang bangunan rumah yang harus dikehui di antaranya yaitu :



1. Harga Semen

Semen menempati urutan teratas dalam proses cara membangun rumah karena material bangunan ini selalu digunakan semisal untuk pendirian pondasi rumah, pembangunan tembok, pembuatan lantai dan lainnya. Harga semen pada tahun 2015 ini naik turun, berikut harganya yakni Semen Tiga Roda berkisar 61 ribu rupiah /sak, Semen Holcim = 61 ribu rupiah /sak, dan mereke lainnya yang berkisar 60 ribu rupiahan.



2. Harga Batu Bata

Batu bata adalah bahan utama untuk pembuatan tembok dan pagar rumah maka dengan mengetahui harganya Anda bisa memperkirakan biaya total pembuatan rumah. Harga batu bata biasanya dijual per seribu, harganya bisa berbeda-beda karena tergantung dari wilayah. Semisal harga batu bata merah di daerah Jawa Timur dijual 400 ribu rupiah/seribu.

3. Harga Pasir

Harga pasir wajib diketahui sebelum Anda berangkat ke toko bangunan untuk order dengan jumlah banyak semisal 20 mobil pick up. Harga pasir merapi di toko bangunan dijual pada kisaran 180 ribu rupiah/ mobil pick up, harga ini bisa lebih mahal bila ada musim kemarau datang atau perbedaan tempat.

4. Harga Keramik

Keramik akan memperindah tampilan rumah sekaligus membuat kuat bagian lantai rumah dari kerusakan. Harga keramik pada umumnya dijual per m² atau 25 keping/dosnya. Keramik dengan jenis KW –A ukuran 20 x 20 dijual pada kisaran 40 ribu rupiah/dos.

5. Harga Cat

Finishing dari pembangunan rumah adalah proses pengecatan. Cat rumah merek dulux 2,5 liter dijual di tokok bangunan pada kisaran 190 ribu rupiah, sedangkan untuk 20 liter dijual pada 1,285 juta rupiah.

6. Harga Kaca

Kaca bening akan dipasang pada jendela. Harga kaca bening dengan ketebalan 3 cm adalah 80 ribu rupiah/m².

Demikianlah beberapa update harga barang bangunan 2015 yang dapat Anda jadikan patokan dalam merencanakan anggaran konstruksi rumah.

0 Response to "Harga Barang Bangunan Terbaru 2015 "

Poskan Komentar