Cara Memperbaiki AC Rumah Dengan Tangan Sendiri

Advertisement
Cara Memperbaiki AC Rumah - Tidak terhitung berapakah jumlah alat-alat yang ada dir rumah kita namun kita bisa mengingat yang berukuran besar dan berfungsi penting semisal AC, TV, Kulkas dan rice cooker. Air Conditioner disingkat AC mempunyai tugas yang bermanfaat yaitu mendinginkan suhu ruangan sehingga terasa lebih sejuk dan segar apalagi kita hidup di iklim tropis yang siangnya terasa panas menyengat.

Bila AC tidak dingin dengan beberapa kondisi semisal hanya keluar angin saja, AC tidak dingin setelah isi freon penuh atau setelah mati lampu maka hawa ruangan menjadi panas di siang hari. Maka kami berbagi tips memperbaiki ac rumah dengan tangan sendiri sehingga tidak perlu biaya mahal memanggil tukang servis AC.

Cara Memperbaiki Ac Rumah Sendiri


1. Membersihkan AC

Langkah awal perbaikan AC ialah dengan membersihkan AC dari segala kotoran semisal debu, oli, kerak dan lainnya. Sangat sedikit pemilik AC rumah yang merawat kebersihan alat elektronik pendingin ruangan ini, padahal AC setidaknya harus dibersihkan 2 bulan sekali.

2. Memperbaiki Kipas Outdoor AC

Apabila alat pendingin ini telah bersih tetapi suhu udara tidak dingin maka cek kondisi kipas outdoor AC dengan cara cukup mudah yakni Anda hidupkan AC dan lihat apakah kipas outdoor AC berputar normal ? Jika putaran kipas AC lemah atau sama sekali tidak berputar maka bukalah bagian ini dan cek kondisi kabel dan terminal apakah ada yang putus, terbakar atau usang.

3. Memperbaiki Kondensator AC

Kondensator AC mempunyai fungs penting dalam mengatur suhu udara dingin yang diproduksi dengan mempunyai bentuk bulat mirip dengan tabung. Kondensator yang mengalami rusak akan terlihat gosong atau menggelembung, servisnya ialah dengan menganti komponen ini dengan kondensator yang baru dibeli. Selanjutnya ada kondensator pada bagian kompresor dan cara servisnya sama.

4. Memperbaiki Spark GAP/MOV

Apakah spark GAP/MOV pada AC itu ? komponen elektronik ini mempunyai bentuk yang mirip dengan uang logam, apabila komponen ini rusak maka keadaan pada umumnya adalah retak, pecah ataupun hangus, ganti saja apabila komponen ini rusak.

5. Memperbaiki Sistem Kelistrikan Kipas dan Kompresor

Cara memperbaiki AC rumah sendiri memerlukan kealihan menengah atau mahir dalam menggunakan peralatan servis elektronik. Pemeriksaan impedansi dan tegangan pada kompresor menggunakan alat pengukur multimeter atau avometer, perlu tahu juga tentang sistem rangkaian kelistrikan dan lainnya.

Sekiranya ini yang blog tipsmembuatrumah.blogspot.com dapat share untuk servis AC di rumah dengan tangan sendiri, kami harap Anda terbantu ya !

1 Response to "Cara Memperbaiki AC Rumah Dengan Tangan Sendiri"