Pos Rincian Biaya Renovasi Rumah 2015

Advertisement
Jika ingin merenovasi rumah di tahun 2015 atau tahun depan 2016, sebaiknya Anda membuat rincian biaya renovasi rumah terlebih dahulu. Rincian tersebut berfungsi untuk mengetahui perkiraan total dana yang dibutuhkan. Menambahkan biaya tak terduga adalah ide yang sangat bagus. Biaya tak terduga berguna untuk mengantisipasi adanya kebutuhan mendadak, adanya kenaikan harga, dan kemungkinan perubahan konsep sehingga mengubah daftar list kebutuhan Anda.


Rincian Biaya Renovasi Rumah


Dalam membuat rincian biaya rumah Anda bisa membagi dalam  beberapa pos seperti berikut ini.

1. Biaya persiapan

Biaya persiapan meliputi biaya untuk membongkar, membersihkan sisa bangunan, menggali
(jika membuat pondasi) atau menimbun tanah jika kontur tanah belum rata. Biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp. 75.000 - 100.000 per meternya. Jika luas bangunan yang akan Anda renovasi adalah 30 meter berarti sekitar Rp 2.250.000 – 3.000.000.

2. Biaya pembelian bahan

Pembelian bahan merupakan pos yang paling banyak menghabiskan dana. Namun pengeluaran di pos ini bergantung pada kemampuan Anda. Bahan bangunan memiliki banyak macam. Mulai dari yang berkualitas rendah, sedang hingga tinggi yang tentu saja akan berpengaruh pada harga. Misalkan Anda ingin membuat pagar keliling rumah. Akan lebih murah jika menggunakan bahan batako daripada batu bata. Di bagian ini rincian dengan mengecek harga bahan terbaru akan lebih menguntungkan.

3. Biaya pekerja

Ada beberapa tipe pekerja bangunan. Pertama, sistem borongan/pemborong yakni pekerja dengan upah tertentu dengan waktu yang ditentukan sendiri oleh pekerja. Upah yang diberikan dihitung dari awal hingga pekerjaan selesai. Tentunya hal ini akan menguntungkan pekerja jika bisa menyelesaikan lebih cepat dari target. Biaya untuk sistem borongan ini bergantung pada luas, dan kesulitan pengerjaan.

Kedua, sistem harian. Sistem ini mengharuskan Anda memberikan besar upah dikalikan lama kerja. Keuntungannya, Anda dapat lebih mengontrol bagaimana hasil pekerjaan setiap harinya. Namun kelemahannya, bukan tidak mungkin mereka akan mengulur waktu pengerjaan untuk mendapatkan upah lebih banyak. Biaya pekerja sistem harian di tahun ini berkisar 100 rb hingga 200 rb (perkiraan).

4. Biaya tak terduga

Pos yang terakhir ini kelihatannya memang tidak  terlalu penting. Namun jika Anda pernah merenovasi rumah sebelumnya bisa dipastikan banyak dana tak terduga yang akan dikeluarkan. Besarnya biaya tak terduga ini minimal 20% dari total kebutuhan. Untuk mengantisipasi bilamana ada kekurangan bahan, penambahan biaya pekerja dan lain lain.

Rincian biaya renovasi rumah 2015 ini bisa saja berubah sesuai dengan naik turunnya harga-harga bahan bangunan, dan upah pekerja yang berbeda-beda di setiap tempat. Monggo dibaca tips lain memperbaiki rumah tak layak huni. :)

0 Response to "Pos Rincian Biaya Renovasi Rumah 2015"

Poskan Komentar