3 Cara Membuat Pagar Rumah Murah dan Indah

Advertisement
Pagar bukan hanya dianggap sebagai pembatas antara halaman dengan jalan atau sebagai pelindung rumah, melainkan juga sebagai salah satu media untuk mempercantik tampilan rumah dari luar. Umumnya, setiap rumah berlomba-lomba memasang pagar dengan material yang mahal dan kokoh dengan desain yang megah. Namun, bagi Anda yang ingin memiliki pagar cantik dengan biaya yang lebih murah, kini ada beragam cara untuk membuat pagar rumah murah tetapi tetap bernilai artistik.

Sebagai media pembatas, material yang digunakan untuk membuat pagar sebenarnya tak harus berupa besi yang harus dipesan terlebih dahulu. Anda yang memiliki banyak waktu luang juga bisa membuat pagar sendiri dengan material yang murah dan mudah didapat, seperti 3 contoh cara membuat pagar rumah murah nan indah berikut ini:

1. Pagar dari tanaman
pagar tanaman
Pagar dari tanaman memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis pagar lain dalam hal harga dan manfaatnya bagi lingkungan. Kesan indah yang diciptakan oleh pagar berupa tanaman. Bermanfaat juga untuk mempercantik desain rumah bebas banjir yang dibahas di artikel sebelumnya.

Caranya:

Tips pagar rumah pertama adalah tanamlah jenis tanaman tertentu seperti beluntas, kemuning, soka, dan tanaman rambat dalam pola memanjang dan melintang yang menutupi bagian halaman yang diinginkan. Karena berupa material tanaman hidup, Anda perlu menunggu sampai tanaman tumbuh dengan rimbun dan merapat satu sama lain. Agar mendapat jenis tanaman yang “gemuk” dan berkualitas, Anda bisa mencarinya di pasar yang menyediakan beragam jenis bibit tanaman.

2. Pagar dari bambu

pagar bambu
Bambu merupakan jenis material untuk pagar yang mudah dan mudah didapat. Bahannya pun sangat mudah dipotong dan dibentuk menjadi bentuk-bentuk pagar yang unik.

Caranya:

Pilihlah pagar kuning yang terkenal memiliki substansi yang lebih kokoh daripada bambu jenis lain. Buatlah pola pagar yang diinginkan, kemudian potonglah bambu sesuai dengan pola yang dibuat. Jangan lupa melakukan coating (pelapisan) untuk mempercantik warna dan tampilan bambu. Tips membuat rumah dengan pagar bambu sudah menjadi kebiasaan dan budaya orang-orang Jepang dan China, layak untuk diterapkan demi keindahan bagian depan rumah kita.

3. Pagar dari bata

Pagar dari bata memiliki keistimewaan pada kekuatan dan ukurannya yang bisa disesuaikan dengan tinggi rumah. Pagar jenis ini membuat tampilan rumah memiliki kesan yang hangat dan klasik. Bata yang bisa dipilih bisa berupa bata yang dibuat secara tradisional maupun hasil buatan pabrik. Bata tradisional biasanya akan menghabiskan biaya yang relative lebih sedikit jika dibandingkan dengan bata buatan pabrik. Tentu saja hal ini sebanding dengan kualitas yang diperoleh.
pagar tembok murah
Caranya:

Hampir sama dengan pembuatan dinding, tetapi pengerjaannya lebih diperhalus karena pagar jenis ini menonjolkan tampilan bata seperti aslinya (tanpa dilapisi dengan cat atau semen).

1 Response to "3 Cara Membuat Pagar Rumah Murah dan Indah"