Menemukan Desain Rumah Bebas Banjir

Advertisement
Masalah banjir adalah satu satu risiko yang mengancam rumah-rumah yang dibangun di daerah dengan curah hujan yang tinggi dan tanah yang tak mampu menyerap air hujan secara maksimal. Bagi Anda yang ingin membangun rumah di daerah tersebut tak usah khawatir karena kini ada desain rumah bebas banjir yang bisa diterapkan untuk mencegah rumah terserang banjir. Dengan menggunakan desain ini, Anda tetap bisa memiliki hunian yang nyaman di tengah risiko terjadinya banjir.

desain rumah bebas banjir

Desain rumah yang dibangun di area berisiko banjir harus dibangun dengan memerhatikan berbagai hal, mulai dari pondasi, dinding, hingga desain sekitar rumah. untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa poin yang bisa Anda terapkan secara langsung:

1. Pondasi

Buatlah pondasi rumah yang kuat dan tinggi agar rumah tetap kuat ditengah terpaan banjir. Usahakan tinggi pondasi mencapai 40-50 cm di atas permukaan jalan atau halaman di depan rumah. Hal ini bertujuan agar air tidak menggenangi rumah jika terjadi banjir.

2. Teras dan inti rumah

Buatlah teras dengan ketinggian yang sesuai dengan pondasi, kemudian pastikan inti rumah (ruangan-ruangan dalam rumah) didesain lebih tinggi dengan teras dengan menggunakan sistem bertingkat.

3. Desain rumah tingkat

Buatlah desain rumah bertingkat yang pembagian ruangannya diatur dengan baik. Tempatkan  ruangan yang sangat penting untuk menyimpan barang-barang berharga di lantai paling atas. Ruangan paling bawah bisa digunakan sebagai ruang tamu dan ruang makan. Hal ini untuk menjaga barang-barang dari terjangan banjir yang masuk ke lantai satu.

4. Pintu dan jendela

Buatlah pintu dan jendela yang lebar pada masing-masing lantai untuk memudahkan para penghuni jika ada kejadian banjir di luar dugaan.

5. Dinding

Pilihlah cat anti air yang tidak akan merusak dinding meski diterjang banjir. Jika ingin mendapatkan hasil lebih maksimal, gunakan keramik sebagai pelapis dinding. Pada musim hujan yang menyebabkan udara lembab, cat anti air atau keramik ini sangat bagus karena tidak menyebabkan jamur.

6. Desain lantai

Buatlah lantai dengan memperhatikan kemiringan yang mampu mengalirkan air saat terjadi banjir.

Untuk memaksimalkan desain rumah bebas banjir, Anda juga bisa menambahkan kolam di halaman rumah sebagai media untuk menampung air saat terjadi hujan. Selain itu, perhatikan juga ketersediaan ruang terbuka hijau dengan beragam jenis tanaman yang mampu menyerap air hujan secara maksimal. Hal yang paling penting adalah jangan sampai membuang sampah sembarangan dan bersihkan got atau saluran pembuangan secara berkala air hujan bisa mengalir

0 Response to "Menemukan Desain Rumah Bebas Banjir "

Poskan Komentar