Cara Menghitung Daya Listrik Rumah Yang Terpakai Sebulan

Advertisement
Beberapa orang merasa kaget atau terheran-heran dengan tagihan listrik yang naik secara drastis, apakah ini terjadi karena pemakaian yang besar atau kesalahan teknis dari petugas atau sistem program perhitungan daya listrik. Oleh karena itu kita harus paham cara menghitung daya listrik rumah yang terpakai dalam sebulan supaya masalah ini selesai dan tidak timbul kecurigaan yang berkelanjutan.

Jelas dalam cara mengetahui daya listrik rumah yang sudah terpakai kita harus bertanya kepada petugas, namun hal itu terkadang sulit untuk dilakukan karena penulis pribadi pernah mengalami peningkatan drastis dari rumah yang dikontrak tetapi mendapatkan penjelasan yang kurang memuaskan dari instansi berkaitan.


Cara Menghitung Daya Listrik Rumah Yang Terpakai


Cara Menghitung Daya Listrik Rumah Yang Terpakai

Penting bagi sahabat blog tips membuat rumah untuk mengetahui setiap daya yang ada pada peralatan elektronik di rumah mulai daya yang kecil semisal lampu neon, charger smarphone, laptop, pengusir nyamuk elektrik dan lainnya. Peralatan elektronik berdaya besar antara lain kipas angin, lemari es, lampu, televisi, mesin cuci, rice cooker dan lainnya.

Untuk mengetahui daya setiap peralatan elektronik cukup mudah yakni dengan melihat spesifikasi atau tulisan kecil di stiker pada belakang peralatan elektronik semisal televisi, komputer dan lainnya. Semisal televisi tulisannya, POWER = 240V, 60Hz, 150 W. Maka daya listrik alat elektronik ini adalah 150 watt.

Selanjutnya Anda tentu mengetahui di meteran listrik ada beberapa nilai atau angka dengan kata akhir KWH, kepanjangan KWH yakni Kilo Watt per Hour, atau seribu watt per jam.

Anda menemukan nilai 150 watt pada stiker di televisi sehingga Anda bisa menerapkan cara menghitung daya listrik rumah terpakai :

Semisal pemakaian televisi per hari adalah 12 jam maka perhitungan pemakaian daya listrik dalam satu bulan (30hari):

(( 150 watt/1000) x 12) x 30 = 54 Kwh

Selanjutnya Anda terapkan teori cara mengetahui daya listrik rumah yang terpakai ini pada semua peralatan elektronik di rumah. Jelas dari perhitungan Anda akan ada sedikit selisih dari tagihan listrik per bulan atau jika menggunakan sistem pra bayar akan sedikit lebih cepat atau lambat habis, hal ini karena ada toleransi kesalahan dari perhitungan yang Anda lakukan mengingat kita tidak bisa memastikan berapa detik setiap seluruh peralatan elektronik itu menyala dalam sehari apalagi sebulan.

0 Response to "Cara Menghitung Daya Listrik Rumah Yang Terpakai Sebulan"

Poskan Komentar