Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Rumah

Advertisement
Anak kecil dan orang dewasa sangat suka melihat ikan koin yang berenang-renang dengan warna-warninya yang indah. Bagi pemilik hunian perlu tahu cara memelihara ikan koi di kolam rumah supaya hewan air ini tetap terawat, sehat dan memancarkan warna kulitnya yang begitu indah.

Tidak perlu mengernyit ketika harus merawat ikan koi karena bergelut dengan ikan koi itu termasuk salah satu hobi yang asyik dan membuat hati menjadi tenang. Ikan koi di kolam rumah akan membuat taman hunian semakin cantik karena berfungsi sebagai ornamen alami. Ketika tamu datang ke tempat tinggal dengan kolam hias, maka mereka akan merasa senang dan terutama anak-anak yang suka bermain ikan semisal memberikan makanan pelet padanya.

Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Rumah


Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Rumah

1. Sobat harus menerapkan cara membuat kolam ikan koi di dalam rumah dengan kedalaman setidaknya 1 meter, dengan anggapan air diisi kurang dari 70 cm dan sisanya untuk membuat ikan koin tidak bisa loncat ke luar kolam dan juga bisa menjadi pelindung dari hewan predator ikan semisal kucing. Kolam yang cukup kedalamnya bisa menjadi pendingin ketika siang hari yang panas dan juga sebagai penadah air hujan supaya tidak mudah meluap.

2. Kami sarankan supaya sahabat memberikan semacam atap atau bangunan kecil di atas kolam yang akan menjaga kolam terkena sinar matahari secara langsung karena hal itu akan memanaskan air kolam dengan cepat dan juga lumut semakin cepat tumbuh.

3. Cara memelihara ikan koi selanjutnya Anda bisa menaruh tanaman teratai lili air pada kolam yang akan menjadi payung alami bagi ikan, teratai mempunyai bunga cerah akan memberikan kesan indah pada kolam. Namun jangan sampai kolam di dekatkan dengan pohon besar dengan dedaunan yang mudah rontok semisal jambu, mangga, nangka dan lainnya, karena hal ini akan memperkeruh kolam.



4. Cara budidaya ikan koi bagi pemula yang baik ialah dengan tetap jaga kebersihan kolam dengan cara mengambil daun-daun atau kotoran lain yang ditemukan, apabila daun-daun dan kotoran dibiarkan akan membusuk yang kemungkinan menjadi jamur yang menyerang ikan koi. Budidaya ikan jenis apa pun akan sukses apabila air kolam di rumah tetapi dijaga kebersihannya.

Anda juga harus membuat sistem pengairan yang mengalir pada kolam ikan koi di rumah dan supaya air kaya dengan oksigen bisa membuat air mancur yang pinggir kolam.

5. Kontrol Ph dan kandungan loga terlarut dalam dalam air kolam. Apabila PH terlalu tinggi atau terlalu rendah akan mempengaruhi kesehatan ikan koi. Pada umumnya ikan akan cepat besar dan sehat apabila PH air di antara 4 sampai dengan 7. Kandungan logam terlarut juga perlu diperhatikan, karena bila terlalu banyak logam maka ikan koin tidak sehat dan mudah berpenyakitan.

6. Berikan pakan ikan koin semisal pelet setidaknya 2 kali sehari, pemberian pakan terbaik pada ikan adalah pada waktu pagi hari dan sore hari karena pada saat ini ikan merasakan lapar dan membutuhkan energi dan nutrisi.

Yup sobat itulah tips cara memelihara ikan koi di kolam rumah yang bisa dijadikan panduan supaya hewan air ini cepat besar dan supaya mempunyai warna lebih cerah dan indah.

0 Response to "Cara Memelihara Ikan Koi Di Kolam Rumah"

Poskan Komentar