Cara Instalasi Listrik Rumah Yang Benar

Advertisement
Apabila orang awam mempelajari cara instalasi listrik rumah yang benar maka kasus konsleting listrik dapat dihindari yang sering terjadi rumah masyarakat saat ini. Kami menemukan juga kasus kebakaran akibat arus pendek listrik yang terjadi pada daerah perkotaan khususnya area pada penduduk dengan konsumen pada golongan tarif R1 antara 450VA hingga 1300VA.

Kebanyakan kesalahan pada instalasi listrik itu dimulai dari spesifikasi kabel yang tidak tepat, cara penyambungan kabel yang salah dan ruwet, cara menanam kabel di dinding yang terlalu gegabah sampai dengan instalasi stopkontak dan saklar lampu yang tidak sesuai dengan standart.

Cara Instalasi Listrik Rumah Yang Benar


Kami blog tips rumah tidak menyalahkan siapakah pihak yang bersalah atas kesalahan cara instalasi listrik di rumah, namun yang pasti bahasan kali akan menjadi pengetahuan bermanfaat bagi Anda yang ingin rumah aman dari konslet listrik.

Cara Instalasi Listrik Rumah Yang Benar

Kami akan memberikan tips instalasi listrik sederhana pada rumah :

1. Belilah jenis kabel NYM dengan ukuran 3 x 2,5 mm² atau yang lebih besar lagi supaya lebih kuat, kabel ini akan dipasang pada titik stopkontak. Kemudian kabel NYM berukuran 2 x 1,5 mm² untuk pemasangan pasa titik lampu. Benar jika harga kabel NYM seukuran ini memakan biaya besar, namun sangat berarti untuk keamanan dan keselamatan Anda bukan ? Belum lagi kabel NYM keawetannya juga terjaga.

2. Memasang Kotak MCM

Kami sarankan sahabat untuk mempelajari isi box MCB dan ketahui mengenai susunan serta jalur pada tiap kawat dari kabel akan disambungkan kepada kotak MCB. Kesalahan salah satu kabel pada kotak MCM maka jaringan kabel terpasang di rumah akan bermasalah, ini tips instalasi rumah tangga yang penting dipelajari lebih dalam lagi ya !

Cara memasang box MCB ialah dengan mencopot skrup-skrup yang ada pada bagian kiri dan kanannya, jangan lupa matikan MCB di meteran listrik supaya tidak kena strum.

3. Tahapan Cara Instalasi Listrik Di Rumah



Sebaiknya dalam pemasangan kabel di rumah harus memperkirakan berapakah panjang kabel untuk semua ruangan hunian, perhitungkan kebutuhan kabel dan lampu serta stop kontak untuk setiap ruangan. .

Kami sarankan supaya Anda melakukan contoh sederhana instalasi listrik rumah tangga ini dengan bertahap dan penuh dengan ketelitian. Kupaslah setiap ujung kabel yang bakal disambungkan pada saklar lampu, titik stop kontak dan titik lampu. Ingat ya sobat supaya menyambung kabel dengan benar supaya lebih kuat dan tidak gampang putus.

Setelah disambung, maka sambungan kabel harus ditutup dengan isolasi khusus kabel untuk menghindari arus pendek atau konslet listrik.

Anda akan membutuhkan sedikit kerja keras untuk mengerjakan jalur stop kontak dan saklar lampu yang dipasang pada pipa PVX dialam dinding.

Oke sekarang cara instalasi listrik rumah yang benar dilajutkan dengan membenahi jaringan kabel di hunian dengan seksama, meskipun membutuhkan waktu dan tenaga akan tetapi hasilnya bisa dirasakan oleh semua anggota keluarga.

0 Response to "Cara Instalasi Listrik Rumah Yang Benar"

Poskan Komentar