Panduan Masuk Rumah Baru Cara Islam

Advertisement
Banyak yang bertanya kepada ustad dan kyai mengenai bagaimanakah panduan masuk rumah baru cara Islam ? Seperti saudara kami yang baru mengontrak rumah dan dia bakal menempatinya, namun bingung tata cara masuk hunian supaya diberkahi oleh Allah SWT dan dinaungi sayap-sayap malaikat.

Setiap mukmin tentu berdoa kepada Allah SWT supaya mendapatkan keberkahan atas rumah baru mereka kontrak atau beli, dan menjadi tempat tinggal yang nyaman dan sehat bagi isteri dan anak-anaknya.

Panduan Masuk Rumah Baru Cara Islam

Panduan Masuk Rumah Baru Cara Islam


Kami share beberapa panduan masuk rumah baru cara islam di antaranya yakni,

1. Panjatkan raya syukur kepada Allah

Cara masuk rumah baru menurut islam yang pertama ialah rasa syukur harus ada dalam hati (niat) dan diucapkan secara lisan serta diamalkan dalam perbuatan sehari-hari dalam surat Ibrahim ayat 7 Allah SWT berfiman :

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Kita mendapatkan penjelasan dari Imam As-Sa’di tentang perwujudan rasa syukur itu, apabila rumah baru maka :

a. Nikmat rumah baru itu hanya berasal dari Al Kholiq dan bukan dari usaha manusia semata.

b. Memanjatkan pujian kepada Allah karena telah mendapatkan nikmat hunian baru.

c. Memanfaatkan nikmat tempat tinggal sebagai amal sholih yang diridhai Allah, sebaliknya tidak dipergunakan sebagai tempat maksiat yang berbuah dosa dan kemurkaan-Nya.

2. Acara Walimah Tasyakuran Rumah Baru

Cara masuk rumah baru dalam islam kedua ialah sebagai muslim yang taat dan bersosialisasi dengan sesama maka walimah tasyakuran rumah baru akan menyempurnakan rasa syukur dengan memberikan undangan kepada tetangga sekitar, saudara dan sahabat. Walimah ini disebut Al-Wakirah yang dianjurkan oleh Al-Imam As-Syafii untuk mengadakannya. Sebaiknya dibacakan surat Al Qur’an dan ada ceramah ustad yang mengajak supaya para undangan bersyukur kepada Ilahi dengan menerapkan syariah Islam di semua bidang kehidupan nyata.

3. Bacaan Memasuki Rumah Baru

Tata cara memasuki rumah baru dalam islam selanjutnya disarankan Anda masuk rumah dengan membaca doa yang ada pada surat Al-Kahfi yaitu :

“Masyaa-Allah, Laa Quwwata Illaa Billaah”, yang artinya :

“Sungguh atas kehendak Allah SWT semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).”

4. Amalan Yang Dikerjakan di Rumah Baru

a. Berusaha sesering mungkin membaca Alquran dan melakukan ibadah lainnya pada rumah. Yang baru ditempati, semisal mengaji surat Al-Baqarah.

b. Sering sholat di rumah, suami bertindak sebagai imam di rumah baru untuk isteri dan anak-anaknya. Dan mengerjakan sholat sunnah yaitu sholat qiyamul lail, sholat dhuha, sholat sunnah rawatib dan lainnya.

b. Mengucapkan bismillah ketika masuk dan keluar rumah, dan selalu ucapkan salam.

c. Sangat dianjurkan Anda berdoa saat keluar dari rumah baru denga bacaan :

“Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallaah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah”, yang artinya : “Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Itulah share tentang panduan masuk rumah baru cara islam yang semoga dapat kita amalkan untuk mendapatkan ridho Allah SWT dan menjadi tempat tinggal yang baik bagi anggota keluarga.

0 Response to "Panduan Masuk Rumah Baru Cara Islam"

Poskan Komentar