Cara Membuat Solar Cell Untuk Rumah

Advertisement
Anda perlu tahu cara membuat solar cell untuk rumah supaya dapat menghemat pengeluaran bulanan, seperti yang sobat ketahui bahwa masyarakat merasa berat dengan adanya kenaikan harga tarif dasar listrik sehingga perlu trik kreatif untuk dapat memproduksi energi dengan tangan sendiri semisal dengan solar sel.

Seiring dengan cepatnya perkembangan sains dan teknologi menjadikan pengetahuan pembuatan solar cell untuk rumah semakin mudah untuk didapat dan dipraktekkan meskipun kita tidak kuliah di perguruan tinggi fakultas teknik.

Cara Membuat Solar Cell Untuk Rumah


Berikut blog tips membuat share cara membuat solar sel fotovoltaik dengan efisiensi yang cukup baik yang diperoleh dari bahan-bahan yang mudah didapat di toko yang berjualan perangkat elektronik.

Solar sel ini dibuat dari oksida tembaga bukan dari bahan silikon, dan anda bisa memproduks energi listrik yang dapat bertahan selama kurang lebih 2 jam.

1. Persiapan bahan membuat solar cell
  • Selembar tembaga dari toko elektronika
  • Cd transparan
  • Kabel listrik
  • Lem panas
  • Kompor listrik
  • Pateri
  • Gunting 
  • Natrium bikarbonat atau garam asam
2. Membuat Lembaran Tembaga Solar Cell

Anda potong lembaran tembaga dengan ukuran yang sesuai semisal pada gambar di atas. Disarankan sebelum bekerja anda mencuci tangan supaya tidak ada bekas lemak atau minyak menempel pada tembaga. Selanjutnya cucilah lembaran tembaga yang sudah digunting dengan sabun. Sebaiknya Anda menggunakan amplas atau sikat kawat supaya lembaran tembaga itu benar-benar bersih, bisa juga menggunakan sulfida atau zat korosi ringan.

3. Memasak Lembaran Tembaga

Selanjutnya lembaran tembaga dikeringkan di atas kompor dengan mengatur suhu tertinggi sehingga warnanya berubah menjadi oksida tembaga dengan lapisan hitam. Ingat oksida ini bukan yang diharapkan karena akan mengelupas sehingga menjadi warna merah, oranye, merah muda, dan ungu yang terlihat lapisan oksida cuprous di bawahnya.


Pada saat tembaga bersinar-merah karena dipanaskan, maka lembaran tembaga itu terlihat lapisan oksida hitam. Namun tetap panaskan selama setengah jam, sehingga lapisan oksida hitam akan menebal.

Setelah lembaran tembaga dipanaskan dan telah matang maka dinginkan secara perlahan dengan mengatur suhu kompor dengan panas yang terendah. Apabila sobat mendinginkannya terlalu cepat maka hasilnya tidak baik.

4. Sel Surya

Setelah didinginkan selama 30 menit maka oksida hitam pada lembaran tembaga akan hilang, menggosok dengan tangan dalam wadah berisi air yang mengalir dan jangan menghapus semua bintik-bintik hitam karena bisa merusak lapisan halus tembaga merah oksida yang kita perlukan dalam cara membuat solar cell untuk rumah.

5. Merakit Solar Cell Sendiri

Selanjutnya potong selembar tembaga menjadi kotak kecil kemudian solder dengan kawat untuk setiap lembaran kecil tembaga. Lanjutkan dengan lem untuk melindungi penyolderan dari korosi atau kerusakan pada solar sel nantinya.

6. Finishing Cara Membuat Solar Cell

Segel solar sel dengan mengisinya dengan larutan baking soda dan air.

7. Uji Solar Cell

Solar sel ini setidaknya akan memproduksi energi listrik 58 microamps pada tegangan 0,10 volt.

Nah apabila Anda menerapkan cara membuat solar cell untuk rumah ini dengan ukuran yang lebih besar dan banyak maka bisa menyediakan penerangan lampu dengan watt kecil atau mengisi baterai dengan perangkat ini.

0 Response to "Cara Membuat Solar Cell Untuk Rumah"

Poskan Komentar