Cara Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai Yang Kokoh

Advertisement
Saat Anda membangun rumah dengan satu tingkat membutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh, apalagi ketika membangun lebih dari 1 lantai. Maka cara membuat pondasi rumah 2 lantai yang kokoh, mantap dan kuat perlu dipahami dan dipraktekkan supaya hunian Anda aman dari bencana roboh.

Berikut ini paparan tips membangun pondasi rumah dua lantai yang kami kumpulkan dari beberapa sumber yakni,




1. Perhatikan Struktur Tanah

Struktur tanah perlu diperhatikan dari segi jenis tanah apakah berpasir atau tidak ? keras atau tidak ? permukaan landai atau tidak ?

Tanah yang berpasir dan lunak tentu memerlukan pondasi yang kuat semisal cakar ayam, atau pondasi yang dibuat dengan tapal yang lebar agar bisa mencengkaram tanah.

Untuk lantai dengan kontur tidak rata maka pada umumnya tanahnya cadas semisal batu atau paras, sehingga hanya diperlukan pondasi yang kuat dalam mengkuti pola tanah, naik dan turunya.

2. Penggunaan Bahan

Semen, pasir dan batu adalah 3 bahan material yang penting sebagai pondasi rumah, ditambah lagi dengan kerangka besi. Pilihlah semen berkualitas semisal semen gresik, holcim dan lainnya.

Batu yang dipilih untuk pondasi harus benar-benar kuat semisal batu kali, batu gunung dan lainnya. Pasir sungai yang berwarna hitam tanpa lumpur menjadi bahan yang kuat untuk pondasi rumah 2 lantai.

Sedangkan untuk besi kerangka harus yang bebas dari karat, kalau perlu dicat besi anti karat terlebih dahulu biar pondasi rumah awet puluhan hingga ratusan tahun.

3. Menentukan jenis pondasi untuk rumah lantai 2

Perlu diketahui ada banyak jenis pondasi yang kuat untuk menahan beban rumah 2 lantai, dan kami akan paparkan jenis pondasi itu yakni :

a. Pondasi cakar ayam.

b. Pondasi batu kali

c. Pondasi foot plat

d. Kombinasi pondasi batu kali dengan pondasi foot plat.

e. Pondasi bor pile memakai pile cap.

f. Pondasi plat menerus.

Pondasi Cakar Ayam

Kami menyarankan Anda mengadopsi pondasi cakar ayam karena sangat kokoh dan membutuhkan biaya yang tidak begitu mahal, ialah Prof. Dr. Ir. Soedijatmo yang merancang dan membangun pondasi rumah lantai 2 cakar ayam ini untuk yang pertama kali.

Cara membuat pondasi rumah 2 lantai cakar ayam harus menyediakan pelat beton bertulang besi yang tebalnya sekitar 10-12 centimeter. Kemudia letakkan pada bagian bawahnya berupa pipa-pipa beton bertulang yang menyatu dengan pelat beton dengan kuat. Kelebihan utama pondasi cakar ayam bisa dibangun pada banyak jenis kondisi tanah semisal dari yang lunak hingga yang terkeras.

0 Response to "Cara Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai Yang Kokoh"

Poskan Komentar