Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki Lantai Beton yang Retak

Advertisement
Lantai beton atau lantai yang terbuat dari semen bisa saja mengalami kerusakan. Lantai beton digunakan pada bangunan yang besar bertingkat. Lantai beton bisa menjadi dasar keramik pada bangunan lantai atas. Sebelum membangun lantai beton sebaiknya diperhitungkan dengan baik bagaimana kondisi bangunan serta bahan yang digunakan untuk lantai beton.

Kita perlu sedikit pengetahuan cara perbaikan lantai beton yang retak supaya pekerjaan ini menjadi lebih mudah dan cepat selesai, memang sudah menjadi hal umum bahwa kelemahan bahan beton adalah keretakan yang disebabkan beberapa hal.



Penyebab Lantai Beton Yang Retak


Lantai jenis ini memang memiliki kekuatan yang lebih dibangdingkan lantai bahan lainnya. Namun bukan berarti lantai beton tidak akan mengalami kerusakan karena selalu ada tips memperbaikan rumah dari para ahli. Ada saja lantai beton yang rusak. Kerusakan ini pun disebabkan banyak factor. Berikut adalah faktor yang menyebabkan lantai beton rusak,

1. Kondisi tanah


Kondisi tanah suatu daerah sangat mempengaruhi kondisi bangunnya. Ada beberapa daerah yang memang kontur tanahnya mudah retak. Tanah yang seperti ini bisa menyebabkan dinding, lantai bagunan retak. Hal ini tidak bisa dihindarkan, bahkan jika menggunakan lantai beton sekalipun.

2. Beban terlalu berat


Pada bangunan-bangunan besar dan bertingkat beban yang ada di dalam dan harus ditopang oleh lantai sangatlah berat. Jika beban yang ada tidak sebanding dengan kekuatan lantai beton maka bisa menyebabkan kerusakan pada lantai beton tersebut.



3. Kualitas bahan


Pemilihan bahan untuk lantai juga menjadi kunci bagaimana kualitas lantai beton tersebut. Semakin bagus kualitas bahan yang digunakan maka akan semakin bagus pula kualitas lantai.

4. Umur lantai


Seperti halnya manusia, semakin tua maka kekuatannya semakin menurun. Hal itu juga berlaku pada lantai beton. Lantai beton yang berusia tua kekuatannya akan berkurang dan bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pengecekan berkala pada kondisi lantai agar tidak membahayakan orang yang ada dalam bangunan.

Tips Perbaikan Lantai Beton Yang Retak


Cara memperbaiki lantai beton yang rusak bisa dilakukan dengan berbagai macam, bergantung bagaimana kerusakan lantainya.


  1. Menambal lantai beton . Penambalan ini dilakukan jika kerusakan dan retak pada lantai beton tidak terlalu lebar dan tidak terlalu parah. Sebaiknya penambalan ini diakukan secepatnya agar tidak memperlebar retakan pada lantai.
  2. Jika lantai beton rusak lumayan parah maka sebaiknya ditambahkan kolom atau tiang di sekitar retakan. Tiang ini bisa berfungsi sebagai penyangga dan kekuatan tambahan pada lantai.
  3. Cara lainnya ialah dengan menyuntikkan epoxy pada lantai beton yang retak. Epoxy adalah bahan khusus untuk menambal beton yang memiliki sifat mengikat dan mudah kering.

Itulah share cara memberpaiki lantai beton yang retak yang bisa dikerjakan sendiri oleh Anda dan keluarga di rumah kesayangan.

0 Response to "Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki Lantai Beton yang Retak "

Poskan Komentar