Cara Mengkapling Tanah Untuk Dijual

Advertisement
Bisnis property memang sangat menjanjikan ibarat lahan basah untuk menambah pundi-pundi kekayaan di jaman modern ini. Propeti termasuk jual beli tanah, sebelumnya ada hal yang harus dipahami tentang bagaimana cara mengkapling tanah untuk dijual. Tanah kapling atau tanah yang luas dan dibagi menjadi beberapa bagian.

Beberapa pengusaha yang terjun di bisnis property masih bingung dengan cara mengkavling tanah perumahan sehingga kami share tips yang berkenaan dengan hal ini. namun perlu dipahami ada resiko di balik keuntungan besar dibalik jual dan beli tanah yaitu penipuan, oleh karena itu blog tips rumah menyarankan Anda harus menjadi seseorang yang jujur dan amanah ketika mengkapling tanah untuk konsumen yach !



Keuntungan Mengaplingkan Tanah


Menjual tanah dengan cara mengaplingkan tanah dapat mendatangkan beberapa keuntungan apabila dilakukan dengan cermat, diantaranya

1. Lebih cepat terjual

Jika ada tanah yang dijual dengan area yang sangat luas maka akan lebih susah untuk dijual. Kebanyakan orang lebih tertarik pada tanah yang cukup untuk membangun satu rumah. Ukuran tanah kapling pun yang mudah terjual pun tidak terlalu luas. Sebab tren rumah sekarang adalah rumah minimalis sehingga tidak memerlukan tanah yang terlalu luas. 



2. Harga relatif dapat dijangkau

Dengan luas yang cukup untuk satu rumah otomatis harganya pun bisa dijangkau oleh pembeli. Maka akan lebih mudah terjual daripada menjual tanah yang luas sekaligus.

3. Keuntungan lebih besar

Keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar. Seiring harga tanah yang semakin hari semakin mahal bisa memungkinkan kenaikan harga dari waktu ke waktu. Misalkan ada beberapa kapling tanah yang terjual tidak bersamaan. Maka ada kemungkinan yang terjual terakhir harganya lebih tinggi. 

Cara Mengkaplingkan Tanah Untuk Dijual


Setelah mengetahui keuntungan menjual tanah kapling, inilah tips mengkavling tanah untuk dijual yang mudah dan cepat yaitu :

1. Mengukur dengan tepat

Sebelum membagi tanah menjadi beberapa kapling ukurlah dengan tepat luas tanah. Pengukuran ini haruslah dilakukan dengan cermat dan teliti. Jangan sampaiu ada masalah mungkin mengambil hak tanah tetangga atau milik orang lain. Lakukan ini dengan benar sebab jika tidak bisa menjadi masalah ke depannya.

2. Mengecek kemiringan tanah

Cara mengkavling tanah selain luas tanah, pertimbangan utama orang membeli tanah adalah kemiringan atau rata tidaknya tanah. Maka pastikan bahwa tanah kapling yang dijual rata.

3. Menentukan jumlah kapling

Setelah mengetahui luas tanah maka tentukanlah akan dibagi menjadi berapa kapling tanah. Tanah kapling sebaiknya bisa dipakai untuk membangun satu rumah. Jika memungkinkan lebih baik sisakan bagian tengah tanah untuk jalan atau batas antara satu tanah dengan tanah lain.

4. Memastikan surat tanah

Hal terpenting lainnya adalah adanya surat tanah. Surat atau sertifikat tanah yang jelas akan memundahkan dan menjadi jaminan yang pasti. Cara mengkapling tanah untuk dijual yang terpenting adalah jika sertifikat tanah belum jelas segera lakukan pengurusan di kantor pemerintahan setempat.

0 Response to "Cara Mengkapling Tanah Untuk Dijual"

Poskan Komentar