Cara Menghitung Bahan Bangunan Per Meter Persegi

Advertisement
Dalam membangun sebuah bangunan, maka harus ada beberapa tahapan. Mulai tahap persiapan, tahap penghitungan bahan, pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Mendirikan rumah memang butuh tenaga keras dan pekerjaan otak yang cukup rumit terutama dalam menghitung total biayanya, oleh karena itu sahabat harus paham cara menghitung bahan bangunan per meter persegi yang kami bahas pada sesi ini.

Oke, persiapkan dahulu konsentrasi sebelum membaca paparan berikut ini supaya cepat paham dan bisa diterapkan praktis. Di setiap tahapan ada cara tersendiri, misalkan cara menghitung bahan bangunan per meter persegi. Ini lah beberapa tahapan dalam membangun sebuah bangunan persembahan blog tips rumah kami yaitu : .


1. Tahap persiapan


Tahap persiapan meliputi tahapan pengukuran luas lahan dan pembuatan desain atau gambar bangunan. Pengukuran luas lahan perlu dilakukan untuk mengukur atau menentukan berapa luas lahan yang akan digunakan untuk bagunan. Apakah semua lahan ataukah hanya sebagian dari lahan. Setelah selesai melakukan pengukuran, kemudian masuk tahap pembuatan gambar bangunan. Gambar bangunan sangat diperlukan, sebab berfungsi untuk menjadi patokan ketika pembangunan berjalan.

2. Tahap penghitungan


Tahap kedua adalah penghitungan. Penghitungan yang dimaksud adalah penghitungan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan. Bahan bangunan yang diperlukan bervarasi, mulai dari pasir, semen, batu bata, keramik dan lain-lain. Sebaiknya menghitung bahan bangunan dilakukan per meternya. Sebab akan mempermudah Anda menghitung kira-kira berapa jumlah bahan yang dibutuhkan.



Cara menghitung bahan bangunan per meter persegi yaitu,

Terdapat rumus sederhana yang dapat diterapkan dalam menghitung bahan bangunan per meternya. Yakni dengan mengukur volume pekerjaan dikalikan kebutuhan material per meter. Daftarlah apa saja bahan bangunan yang digunakan dalam membangun dan kalikan dengan volume (luas x tinggi) bangunan per meter.

Jika sudah ada hasilnya belilah bahan bangunan dengan melebihi dari apa yang dihitung, sebab biasanya ada penambahan tak terduga dalam membangun.

3. Tahap pelaksanaan


Pada tahap pelaksanaan ini Anda bisa membangun sesuai rencana. Bagian yang paling penting pada setiap bangunan adalah pondasi. Pondasi berfungsi untuk dasar sebuah bangunan. Kokoh atau tidaknya bangunan bergantung pada pondasi. Selain itu bergantung pula pada kualitas bahan bangunan serta pekerja bangunan. Pilihlah pekerja bangunan yang terpercaya agar sesuai dengan apa yang diharapkan.

4. Tahap penyelesaian


Setelah bangunan sudah berdiri masuk ke tahap penyelesaian. Tahap penyelesaian bisa berupa pengecatan, pemasangan keramik, pemasangan daun pintu dan lain-lain. Pada tahap ini pemilik bangunan bisa mendesain dan mengisi furniture sesuai fungsi yang direncanakan. Dengan begitu bangunan bisa difungsikan dengan tepat.


Semua tahapan di atas memang tidak menjadi patokan tetap. Namun dalam membangun sebuah bangunan perlu disiapkan segala hal. Pemilik sebaiknya bisa mengetahui cara menghitung bahan bangunan per meter persegi hingga tahap penyelesaian pembangunan.

0 Response to "Cara Menghitung Bahan Bangunan Per Meter Persegi"

Poskan Komentar