Cara Membuat Tiang Pondasi Rumah

Advertisement
Cara membuat tiang pondasi rumah – Tahap pertama dalam membangun rumah adalah membuat pondasi rumah. Pondasi rumah merupakan bagian yang menjadi dasar dari sebuah bangunan. Selain menjadi dasar pondasi sekaligus menjadi patokan kuat atau tidaknya sebuah rumah. Kokoh nya bangunan berasal dari bagaimana pondasi itu dibangun, selain itu pendiriannnya bisa memakan biaya murah dan waktu cepat pengerjaannya.

Bisa dibayangkan kalau tiang podasi rumah minimalis atau sederhana yang dibangun itu rapuh atau tidak kuat menyangga beban di atasnya yang beratnya mencapai beberapa ton, roboh ! Oleh karena itu blog tips rumah kali ini akan membahasnya untuk sobat.

Cara Membuat Tiang Pondasi Rumah


Persiapan untuk tips membuat pondasi rumah, antara lain:

1. Mengukur lahan
Tahap pertama dalam pembangunan pondasi adalah pengukuran lahan. Tentukan luas lahan yang akan digunakan untuk dibangun. Pondasi tidak hanya berupa kotak saja namun juga dibangun sesuai dengan desain rumah. Dari pondasi sudah terlihat bagaimana model dan berapa ruangan yang akan dibangun.

2. Menentukan kedalaman pondasi
Tahap kedua, setelah mengukur lahan adalah menentukan kedalaman pondasi. Ada dua jenis pondasi yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal. Semua ini tergantung pada keinginan dan kontur tanah. Pada umumnya pondasi dalam akan lebih kuat dibandingkan pondasi dangkal.

3. Penggalian
Tahap ketiga adalah penggalian. Penggalian disesuaikan dengan kebutuhan pondasi. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk penggalian ini.

4. Pembuatan pondasi
Terakhir adalah pembuatan pondasi rumah. Bahan bangunan yang dibutuhkan dalam membuat pondasi diantaranya pasir, batu, semen dan juga tiang besi. Tiang besi ini berfungsi untuk menguatkan bangunan.

Setelah pondasi selesai dibangun maka tahap selanjutnya adalah pembuatan tiang pondasi. Cara membuat tiang pondasi rumah yakni

Pertama, adalah menyiapka bahan berupa besi. Ada banyak jenis besi yang berbeda ukuran. Tentukan ukuran dan jenis besi sesuai dengan kebutuhan dan juga ukuran rumah.

Kedua, Kemudian tentukan ukuran besi. Ukuran tiang disesuaikan dengan tinggi bangunan. Buatlah perincian berapa panjang besi yang dibutuhkan.

Ketiga, Buatlah tiang pondasi dengan ukuran yang tepat. Tiang pondasi ini akan dipasang pada sudut-sudut ruangan bangunan. Satu sudutnya diperlukan empat tiang pondasi. Gunanya untuk memperkuat bangunan dan memberikan bentuk pada bangunan.

Sebuah bangunan yang memiliki pondasi yang kokoh dan terdapat tiang pondasi yang kuat akan bediri dengan kokoh pula. Begitu pula dengan rumah, mengingat fungsinya sebagai hunian dalam jangka panjang pembuatan pondasi dan tiang menjadi salah satu kunci. Maka sebelum membangun rumah perhitungkan dan buatlah perencanaan yang matang ketika membuat pondasi. Jangan lupa pilihlah pekerja yang betul-betul mengerti bagaimana cara membangun pondasi rumah yang kokoh dan cara membuat tiang pondasi rumah yang benar.

0 Response to "Cara Membuat Tiang Pondasi Rumah"

Poskan Komentar