Bagaimana Cara Membangun Rumah Di Tanah Berkontur ?

Advertisement
Sering kali kita menemui masalah bagaimana cara membangun rumah di tanah berkontur. Tanah berkontur merupakan tanah dengan kondisi tidak rata. Kondisi tanah berkontur bisa bermacam-macam. Pertama adalah kondisi tanah yang tidak rata ketinggiannya. Kondisi kedua adalah tanah yang bergelombang, ini akan sangat menyulitkan pembangunan rumah atau bangunan. Ketiga adalah tanah yang menjorok ke dalam. Tanah seperti ini lebih cocok digunakan untuk terasiring.

Benar adanya jika tanah yang semakin mahal membuat banyak orang membangun rumah di tempat-tempat dengan tanah yang tidak baik semisal berkontur, rawan banjir dan lainnya. Maka pemahaman tentang teknik sipil bangunan diperlukan untuk mengatasi hal tersebut supaya hunian lebih kuat dan nampak indah.

Membangun Rumah Di Tanah Berkontur


Tanah berkontur banyak sekali ditemui di daerah-daerah pegunungan atau dekat sungai. Daerah pegunungan atau lereng gurung memang memiliki kontur yang miring. Tentu sangat sulit membangun bangunan disana. Jika bisa pasti memerlukan banyak biaya dan juga diperlukan kreatifitas dalam membuat desain rumah.

Tips membangun rumah di tanah berkontur

1. Menggali atau menguruk

Tanah berkontur mungkin saja ada yang tidak terlalu parah. Kontur yang tidak parah masih memungkinkan untuk dilakukan pengurukan atau penggalian. Dengan cara ini tanah akan bisa rata dan dapat dibangun rumah dengan mudah.

2. Membuat desain yang tepat

Tips kedua adalah membuat desain rumah yang tepat. Untuk kali ini tidak sembarangan orang bisa melakukan atau membuatnya. Konsultasikan kepada ahli atau arsitek untuk membuat desain atau gambar rumah yang tepat. Pastikan telah dilakukan pengukuran dan pengecekan pada kontur dan kondisi tanah.

3. Membuat pondasi yang kuat

Pondasi bangunan termasuk pondasi rumah adalah bagian terpenting yang menentukan bagaimana rumah. Maka pada tanah berkontur sebaiknya dibangun pondasi yang kuat. Mengingat posisi rumah yang tidak datar atau rata maka pondasi yang dibangun harus bisa diperhitungkan untuk menyangga beban rumah tersebut.

Selain ketiga tips di atas, ada pula yang harus disiapkan, yakni dana. Dana untuk membangun rumah pada tanah berkontur lebih banyak dibandingkan pada tanah datar. Sebaiknya lakukan perencaan dan penghitungan yang matang sebelum membangun rumah di tanah berkontur. Perencaan dan penghitungan ini akan sangat berfungsi. Dan juga pilihlah bahan-bahan yang berkualitas untuk membangun rumah. Mengingat tanah berkontur ini menjadikan bentuk rumah tidak seperti umumnya.

Membangun rumah pada tanah berkontur sangatlah sulit. Maka sebaiknya ketika membelu tanah atau lahan sebaiknya Anda mengecek bagaimana kondisi tanah yang akan dibeli. Ini bisa menghemat dana Anda dan bisa dialihkan untuk membangun rumah. Itulah beberapa tips cara membangun rumah di tanah berkontur.

0 Response to "Bagaimana Cara Membangun Rumah Di Tanah Berkontur ?"

Poskan Komentar