5 Step Cara Memperbaiki Kran Rusak

Advertisement
Cara memperbaiki kran rusak bukan lagi hal yang bisa dilakukan oleh kaum pria. Kran adalah salah satu hal selalu ada di setiap rumah. Kran adalah benda yang berfungsi untuk buka tutupnya air. Kran ini dipasang di ujung pipa air. Di setiap rumah bisa memungkinkan mempunyai lebih dari satu kran. Ada kran untuk kamar mandi, kran tempat mencuci, kran dapur, dan kran yang lainnya. Bahan kran pun bermacam-macam, ada kran dari plastic, dari alumunium dan bahan lainnya. Kualitas kran juga dipengaruhi dari bahan pembuatnya.

Kerusakan pada kran sering kali terjadi di rumah. Penyebabnya pun beragam sehingga diperlukan pengetahuan agar cara memperbaiki kran air yang bocor dapat sukses dikerjakan, ada yang disebabkan karena pecahnya kran, bocornya air, atau penyebab lainnya. Biasanya yang bertugas untuk memperbaiki kran adalah kaum pria. Namun sebenarnya memperbaiki kran bukanlah hal yang sulit. Perbaikan kran bisa dilakukan pula oleh wanita. Bagian terpentingnya adalah menemukan penyebab rusaknya kran.

Cara Memperbaiki Kran Rusak


Untuk tips rumah memperbaiki kran ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan. Jangan langsung berasumsi sebab rusaknya kran. Sebaiknya lakukan beberapa cara di bawah ini. Langkah atau cara memperbaiki kran rusak,

1. Matikan dulu kran

Pertama matikan kran. Jangan sampai Anda memperbaiki dalam konsisi menyala. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda. Jika air sudah tidak mengalir barulah Anda bisa mengecek dan melakukan perbaikan.

2. Cari penyebab kerusakan

Setelah mematikan kran dan air tidak menyala. Carilah penyebab kran rusak. Periksalah bagian demi bagian. Dimulai dari bagian kran, pemutarnya, hingga pipanya. Ada kemungkinan krannya yang rusak, atau adanya kebocoran pada pipa kran. Untuk memastikan ini Anda bisa menyalakan kembali untuk melihat dimana letak kerusakan.



3. Lepas kran dari pipa
Jika sudah ketemu dimana letak kerusakannya, misalkan yang rusak adalah bagian krannya. Lepaskan kran dari pipa dengan cara putar berlawanan arah jarum jam. Jika tidak bisa lepas , Anda bisa menggunakan alat seperti tang. Berhati-hatilah dalam menggunakan alat, pastikan tidak mengenai tangan Anda.

4.Ganti atau lem

Setelah kran berhasil terlepas. Pasang lem yang kuat pada ujung kran dipasang. Lem ini berfungsi untuk mengaitkan kran dengan pipa. Jika memang ada kerusakan pada kran, gantilah kran dengan yang baru.

5. Pasang

Pasanglah kran yang baru ke pipa. Pasangkan dengan tepat dan lem dengan kuat agar kran tidak mudah terlepas. Cara memperbaiki kran yang rusak ini tentunya bisa dilakukan siapa saja termasuk kaum wanita.

Oke kawan, itulah seputar cara memperbaiki kran air yang patah yang kami harap Anda mendapatkan manfaat yang baik dari membaca tulisan ini.

0 Response to "5 Step Cara Memperbaiki Kran Rusak "

Poskan Komentar