Tips Rumah Hadap Barat Supaya Tidak Panas

Advertisement
Posisi rumah yang dianjurkan oleh para arsitek di tanah air yakni menghadap ke selatan. Posisi rumah menghadap ke selatan bermanfaat untuk mencegah tingginya suhu rumah saat di siang hari. Sebaliknya rumah yang menghadap ke barat akan menghasilkan curahan terik matahari akan termakan oleh semua bidang rumah (teras, ruang tamu, ruang tengah, dan kamar utama), khususnya saat siang bolong hingga sore hari. Tips rumah hadap barat berikut ini diharapkan mampu memberikan para pengunjung solusi yang praktis dalam memecahkan persoalan rumah yang terlanjur dibangun dengan posisi condong ke arah barat.

Semakin sempitnya lahan kosong di daerah perkotaan memaksa sebagian orang maupun perusahaan membangun bangunan yang menghadap ke arah barat. Tentu saja kenyamanan hunian dan kantor akan terasa jauh dari nuansa sejuk dan segar, sebab menjelang siang para penghuni akan gerah dan tak tahan dengan panasnya ruangan yang mereka tempati. Ada beberapa cara praktis mengatasi rumah yang hadapnya ke barat antara lain:

1. Pemasangan kisi-kisi

Selain berfungsi sebagai penambah keindahan estetika kediaman, juga berguna sebagai lapisan penahan panas dari sinar matahari. Peletakan kisi-kisi yang tepat dapat menghalau jumlah sinar matahari yang langsung mengenai bagian depan rumah dan samping kiri maupun kanan. Usahakan memilih kisi-kisi dari bahan-bahan yang berkualitas agar dapat bertahan hingga 10 ataupun 15 tahunan.

2. Desain plafon yang tepat

Hendaknya rumah dibangun dengan plafon yang tinggi, tetapi jangan membangun plafon terlalu tinggi sebab akan mengurangi ketepatan desain rumah yang sudah dirancang sebelumnya. Plafon yang tinggi akan dapat menghindari panas terfokus pada bagian bawah rumah, sehingga panas yang ada di dalam ruangan dapat segera naik ke atas.

3. Melancarkan aliran angin

Jendela, bukaan, maupun ventilasi lainnya sebaiknya dibikin dengan saling bersilangan, tujuannya agar angin yang masuk ke dalam rumah dapat mengalir dengan cepat tanpa hambatan yang berarti. Dampaknya panas yang ditimbulkan oleh sengatan sinar matahari bisa terbuang ke luar lewat jendela dan bukaan-bukaan pada sisi rumah.

4. Hijaukan rumah

Tempatkan tanaman hias maupun bunga sebagai hiasan dan juga paru-paru rumah. Tumbuhan sangat baik dimanfaatkan sebagai penjaga kelembapan udara, di siang hari tumbuhan dapat menghasilkan oksigen yang menyegarkan ruangan rumah. Bila memungkinkan buatlah sepetak taman di dalam rumah, jika kesulitan cukup memasangkan tumbuhan dalam pot atau digantung. Misalnya tanaman anggrek, palem ukuran kecil, peace lily, pakis, andong dan sebagainya.

5. Atur penggunaan perangkat elektronik

Hindari pemakaian alat-alat elektronik yang dapat menghasilkan panas berlebihan di saat matahari condong ke barat, misalnya saja meminimalisir penyalaan komputer, televisi, pemanas air/dispenser, penghangat nasi dan lainnya. Jika memungkinkan pilihlah alat-alat yang hemat listrik dan menghasilkan panas yang kecil.

Sekian 5 cara mengatasi rumah menghadap barat ini, dan semoga rumah dan tempat kerja kita semakin nyaman dan sejuk saat aktivitas dilakukan. Adapun tips rumah bersih dan tetap rapih sudah dibahas detail di postingan sebelumnya. :)

0 Response to "Tips Rumah Hadap Barat Supaya Tidak Panas"

Poskan Komentar