Tips Membuat Rumah Dingin Alami Dengan Biaya Murah

Advertisement
Bagi pembaca yang hidup di daerah dengan ketinggian rendah seperti pantai pasti ingin tahu tips membuat rumah yang dingin, sejuk dan segar. Mayoritas penduduk nusantara menginginkan hidup dalam sebuah kondisi yang lebih dingin karena iklim tropis dan musim kemarau membuat badan cepat berkeringat deras, gerah, dan mudah lelah. Berbagai cara modern dan alami ditempuh untuk mendapatkan rumah dengan suhu lebih rendah.

Anda mungkin berpikir sederhana dengan membeli beberapa peralatan elektronik untuk mengatasi suhu panas di dalam rumah, semisal kipas angin, blower, AC, dan lainnya. Minuman segar dari kulkas juga menjadi alternatif untuk mendapatkan kesejukan dan kesegaran, akan tetapi hal itu hanya sesaat.

Rumah Dingin Alami
Ilustrasi : Rumah Dingin Alami
Tips Membuat Rumah Dingin Alami

Kami akan berbagi tips membuat rumah lebih dingin, sejuk, dan menyegarkan secara alami bagi para pembaca budiman.

1. Membuat Jendela Berukuran Besar.

Desain rumah dengan jendela berukuran besar semisal jendela rangkap dua bisa membuat rumah semakin dingin karena udara lingkungan sekitar bisa keluar masuk ke dalam kediaman Anda. Angin sepoi-sepoi yang menyegarkan pikiran dapat memenuhi ruangan kamar, ruang tamu, dan ruangan lainnya.

2. Membangun taman rumput di atap rumah

Taman rumput di atap rumah adalah salah satu desain rumah modern untuk mempercantik rumah, sekaligus membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih dingin. Terik sinar matahari yang langsung mengenai atap dari beton akan membuat beton menjadi panas dan menghangatkan suhu di bawahnya. Hal ini membuat rumah semakin panas. Taman rumput di atap akan menahan sinar panas matahari sehingga rumah menjadi lebih segar.

3. Desain tata letak ruangan rumah yang baik

Tata letak ruang yang tepat akan memberikan penghuni rumah suasana yang lebih nyaman, dan suhu semakin dingin. Sinar matahari adalah penyebab suhu di dalam rumah meningkat, maka sebaiknya kita atur ulang tata letak ruangan untuk menyelesaikan masalah ini.

Ruangan untuk aktifitas yang dilakukan pada pagi sd siang sebaiknya diletakkan pada sebelah timur rumah, dan aktifitas sore sd malam hari di sebelah barat. Hal ini berguna untuk mensiasati sinar matahari selama 24 jam agar tidak terlalu panas bagi penghuni rumah.

4. Membuat kebun dan taman di sekitar rumah.

Kebun dan taman sangat efektif dan cara alami untuk memberikan udara yang sejuk dan segar. Udara yang penuh oksigen akan memasuki rumah kemudian mendingin suhu yang hangat.

Demikian ulasan tips membuat rumah lebih dingin, sejuk dan segar. Semoga menjadi ilmu bermanfaat.

0 Response to "Tips Membuat Rumah Dingin Alami Dengan Biaya Murah"

Poskan Komentar