Cara Membuat Pondasi Rumah Yang Murah dan Kokoh

Advertisement
Cara membuat pondasi rumah yang murah dapat menghemat pembiayaan pendirian rumah. Pondasi yang kuat dengan biaya rendah sebenarnya dapat diwujudkan dengan beberapa langkah yang terencana dan terukur. Pembuatan pondasi merupakan hal yang wajib untuk membuat rumah yang kokoh dan tidak mudah rusak, terutama fungsi penting sebagai penopang bangunan rumah agar tetap pada kondisi yang tetap. Pondasi yang buruk bisa mengakibatkan bangunan rumah menjadi tidak seimbang, biasanya mudah dideteksi bila dinding mudah retak dan tegel yang tidak rata atau pecah-pecah.

cara membuat pondasi rumah sederhana

Secara mendasar pondasi bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu pondasi yang dalam dan satunya pondasi dangkal. Untuk pembangunan rumah yang sederhana, toko, pagar, ataupun pos kampling sebaiknya memakai jenis pondasi dangkal, sebab tidak terlalu membutuhkan topangan kuat sebagaimana bangunan kantor bertingkat, ataupun gedung rumah sakit, jembatan, ataupun bangunan industri. Kenali dulu kebutuhan akan pondasi yang cocok dengan desain rumah Anda, dengan begitu dapat dipilih bahan-bahan bangunan yang kualitasnya sesuai yang diperkirakan.

Tips Membuat Pondasi Rumah Yang Murah

Pondasi dangkal sering juga disebut sebagai pondasi memanjang maupun pondasi jalur. Cara membuat pondasi dangkal tidak sesulit membuat pondasi cakar ayam, dan biaya pembuatan pondasi ini relatif murah tergantung pada pilihan kualitas bahan bangunan. Untuk menyusun pondasi dangkal caranya dengan menggali tanah sedalam 40-50 cm kemudian menata batuan kali didalamnya beserta adonan semen dicampur pasir, pondasi dibangun sampai 40-50 cm di atas permukaan tanah.

Untuk menghemat pembuatan pondasi rumah sebaiknya mengganti batuan kali dengan batuan putih, jenis batuan putih diambil dari batu-batuan yang terdapat di bukit atau pegunungan. Kekuatannya cukup memadai untuk keperluan pondasi rumah satu lantai. Batuan putih cukup murah dibandingkan batuan kali. Masih kurang murah? Sebagian tukang menyarankan membangun pondasi dengan batako atau susunan bata agar menghemat biaya, namun pondasi menggunakan batu bata atau batako tidak sesuai untuk tanah yang mudah gerak seperti kaplingan bekas sawah atau ladang.
pondasi batako

Langkah awal membuat pondasi rumah yang sederhana adalah penggambaran rancangan pondasi, kemudian diteruskan dengan penggalian alur pondasi sesuai dengan gambar yang dibuat. Siapkan batuan, semen, dan pasir, bila diperlukan persiapkan juga besi lonjoran beserta kawat sebagai bekisting kolom dan sloof (lajur di atas pondasi). Bekisting kolom dan sloof diperlukan sebagai penopang dan kerangka dasar rumah terutama sebagai penguat tembok. Setelah penggalian selesai maka kerangka besi dan kawat ditata terlebih dahulu (disertai papan-papan kayu penopang cor untuk pembentukannya), kemudian ditimbun dengan semen cor lalu diiringi dengan penataan batuan putih dan adonan pasir semen hingga ketinggian mencapai 50-an cm.

Sekian cara membuat pondasi rumah yang kokoh dan murah ini, semoga proyek rumah idaman para pembaca bisa terwujudkan dengan mudah!

2 Responses to "Cara Membuat Pondasi Rumah Yang Murah dan Kokoh"

  1. Assalammualaikum..Dijual murah tanah cariuk, jonggol seluas 13,5Ha beserta dengan villa seluas 350m2, surat shm dan ajb, harga per meter 75.000 nego, pasaran 100.000an.
    1. Deket jalur puncak2
    2. Setengah jam dari sentul lewat jalur puncak dua
    3. Dari jagorawi lgsng ada toll tembus cileungsi lewat belakang cikeas keluar di mekarsari
    4. Harga pasaran 100.000
    5. Bikin villanya hampir 1M
    6. Ada kolam ikan besar sudah kebentuk kali kecil
    7. Ada mata air
    8. Pohong sengon 2ha
    9. Pohon pisang 2ha
    10. Sawah 2ha
    11. Jalan sudah aspal
    12. Pohon jabon 50batang
    13. Area masih dingin
    14. Cocok investasi dan perkebunan.
    15. Dari jonggol ke cikarang 40menit
    16. Tembus bekasi juga.
    17. Dari jonggol ke cipanas puncak setengah jam..
    www.pasarantanahmurah.blogspot.com

    Dijual tanah 21 Ha di daerah Setu Bekasi, Pinggir jalan raya alamat dan denah ada di photo.
    Harga Rp. 450,000,-/permeter nego - SERTIPIKAT (yg di stabilo hijau). Info lengkap ada di:
    http://www.tanahdisetubekasi.blogspot.com

    BalasHapus