6 Cara Membuat Lantai Rumah Dari Kayu

Advertisement
Lantai kayu kini menjadi pilihan untuk desain rumah bergaya “back to nature” yang mengutamakan kesan bernuansa alam. Selain memiliki keunikan tersendiri,  lantai kayu ini juga menghadirkan kesan penuh hangat dalam hunian Anda. Meski terlihat sangat rumit, jika diterusuri dengan baik, pembuatan dan cara pemasangan lantai kayu ini bisa dilakukan dengan mudah.Cara membuat lantai rumah dari kayu akan kami share pada perjumpaan kali ini.


Untuk bisa memiliki lantai kayu yang Anda idam-idamkan, Anda bisa mencoba langkah-langkah sederhana dari cara rumah mudah yang bisa Anda coba berikut ini:

1. Pilih jenis kayu
Jenis kayu yang biasa digunakan adalah kayu solid atau engineered. Jenis kayu solid dipakai untuk lantai rumah karena sifatnya yang kokoh dan awet. Selain itu, permukaannya dapat diamplas ulang, sehingga bisa tampil lebih indah. Meski demikian, ada beragam jenis kayu yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan desain rumah dan nuansa yang ingin diciptakan. Selain itu, telitilah sifat-sifat kayu, misalnya tingkat kelembaban dan cara perawatannya.

2. Pesan di produsen terpercaya

Lakukanlah pemesanan lantai kayu dengan ukuran yang disesuaikan dengan lebar ruangan. Selain itu, perhatikan juga bentuk dan desain yang Anda inginkan. Pilihlah produsen terpercaya yang memberikan arahan dan contoh-contoh desain secara jelas. Bandingkan harga dan kualitas yang ditawarkan oleh produsen lain secara detail.

3. Persiapan sebelum pemasangan

Sebelum memasang lantai kayu, lakukan persiapan dengan memeriksa kekuatan lantai dasar, membersihkan dan mengeringkan lantai dasar, dan memasang aluminium foil atau plastik di lantai dasar untuk menghindari penguapan. Persiapan yanh difokuskan pada bagian lantai dasar ini untuk menghindari gangguan saat melakukan pemasangan.

4. Perhatikan bagian-bagian tertentu

Bagian-bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian bawah pintu atau bagian permukaan yang miring. Pastikan pintu tetap bisa dibuka dan ditutup tanpa terhalang oleh lapisan kayu yang terlalu dekat dengan posisi pintu.

5. Tahap Pemasangan

Pasanglah kayu secara cermat dengan mempertimbangkan kesejajarannya dengan dinding ruangan. Jangan sampai Anda memasangnya terlalu miring, karena pemasangan kayu pertama akan mempengaruhi pemasangan lantai selanjutnya. Pastikan kayu dipasang sejajar dan tidak mudah bergeser. Aturlah posisi semua papan kayu agar terpasang dengan rapi tanpa celah.

6. Tahap penyempurnaan

Penyempurnaan dilakukan dengan memasang kayu pengunci di bagian tepi agar tampilan lantai benar-benar sempurna.

Jika lantai kayu sudah terpasang secara sempurna, jangan lupa untuk selalu memerhatikan cara perawatan kayu yang sesuai dengan jenis dan sifat-sifat kayu. Karena memiliki sifat yang berbeda dengan keramik, tentunya lantai kayu membutuhkan perawatan ekstra yang berbeda dengan lantai pada umumnya.

1 Response to "6 Cara Membuat Lantai Rumah Dari Kayu"