Cara Mengecat Rumah Kayu Pada Dinding Dan Pintu

Advertisement
Eksterior rumah kayu Anda terlihat oleh tetangga dan interiornya akan terlihat oleh seluruh penghuni rumah dan juga para tamu yang mampir ke hunian Anda. Jika penampilan tempat tinggal sudah terlihat usang maka saatnya menerapkan cara mengecat rumah kayu pada dinding dan pintu yang mudah dan indah. Anda bisa mengerjakan pengecatan dengan hasil yang rapi dan memberikan perubahan dramatis ibarat sebuah lukisan yang menarik.

Rumah kayu merupakan hunian yang struktur utama (pondasi dan rangka) dan sekunder (dinding, atap, jendela dan pintu) seluruhnya terbuat dari bahan kayu, pada umumnya beberapa kayu yang awet dipilih untuk bangunan seperti ini semisal kayu jati, kayu mahoni, kayu sulawesi dan kayu kalimantan. Proses pengecatan hunian harus dilakukan dengan baik supaya bisa bertahan lama dan tetap indah selama beberapa tahun.

Cara Mengecat Rumah Kayu Pada Dinding Dan Pintu


Cara Mengecat Rumah Kayu Pada Dinding, Pintu Dan Jendela

1. Membatasi Penggunaan Warna

Ingat bahwa penggunaan kombinasi warna harus direncanakan dengan benar dan tidak menggunakan banyak sekali warna karena akan muncul kekacauan pada estetika desain. Pilih warna primer atau yang akan mendominasi eksterior dan interior rumah semisal putih, coklat, pletur, hitam dan lainnya. Warna sekunder harus dinamis dengan warna primer dan Anda bisa menentukannya sendiri.

Apabila Anda ingin rumah kayu terlihat alami maka pilih warna utama coklat dan warna sekunder yaitu hijau, putih dan hitam. Gaya modern didapat dengan perpaduan warna hitam, abu-abu dan perak serta dipermanis dengan warna putih.

2. Memperhatikan Lansekap

Untuk mengecat dinding rumah kayu pada eksteriornya maka harus dipertimbangkan taman yang berisi tanaman hijau di atasnya, artinya tambahan warna hijau muda atau warna cerah lainnya akan menghidupkan tampilan hunian jika dilihat dari jalan atau halaman belakang.

3. Memilih Cat Untuk Tembok dan Pintu

Karena Indonesia mempunyai iklim tropis (hujan dan kemarau) maka harus dipilih cat kayu dengan kualitas terbaik untuk exterior rumah semisal cat dulux, catylac, jotun atau merek cat terbaik lainnya. Sedangkan untuk interior rumah kayu juga menggunakan cat berkualitas tinggi untuk memberikan penampilan yang maksimal dan indah.

4. Proses Pengecatan

Cara mengecat rumah kayu pada tembok, pintu, jendela dan lainnya akan membutuhkan beberapa peralatan dan bahan sebagai berikut : kuas, cat dasar dan lapisan atas, produk pembersih, amplas kayu, dempul, roskam, koran atau kain untuk penutup lantai dan perabotan.



Ikuti tahapan tips mengecat rumah kayu untuk dinding dan pintu dengan biaya murah sebagai berikut :

  1. Anda keluarkan seluruh furniture dan aksesoris di rumah dan lantai harus ditutup dengan kertas koran atau lainnya.
  2. Jika menemukan keretakan, lubang dan kerusakan lainnya pada dinding dan pintu maka segera dempul hingga rata.
  3. Lakukan pengampelasan pada permukaan yang terlihat kasar atau tidak rata.
  4. Anda membersihkan permukaan kayu dari debu dan kotoran sehingga tidak merusak cat primer.
  5. Terlebih dahulu Anda mengecat cat dasar untuk dinding, pintu dan jendela.
  6. Sesudah cat dasar terlihat kering maka segera ampelas dengan yang halus.
  7. Anda memulai proses pengecatan lapisan permukaan pada tembok, pintu, jendela dan langit-langit. Dan ulangi sampai ada 2 atau 3 lapisan untuk hasil yang indah.

Itulah cara mengecat rumah kayu pada dinding, pintu dan jendela yang bisa dipahami untuk hunian yang lebih indah dan menarik.

0 Response to "Cara Mengecat Rumah Kayu Pada Dinding Dan Pintu"

Poskan Komentar