5 Cara Mencegah Kebakaran Di Rumah

Advertisement
Tahukah Anda bahwa ada ribuan rumah atau gedung yang terbakar setiap tahunnya di Indonesia ? Korban tewas pun bisa mencapai puluhan, sangat ngeri ! Oleh sebab itu ketahui dan segera lakukan cara mencegah kebakaran di rumah yang mudah dan praktis.

Kebakaran rumah sering kita dengar beritanya di televisi yang mengancam keselamatan pemilik rumah dan anggota keluarga mereka. Bahkan di beberapa negara kebakaran rumah menjadi penyebab ribuan orang luka bakar dan tidak sedikit kebakaran mengantarkan seseorang menemui ajal.

Cara Mencegah Kebakaran Di Rumah


Namun sayangnya, banyak orang meremehkan cara mengatasi kebakaran rumah yang dipromosikan oleh pemerintah dan juga sebagian orang menganggap kebakaran adalah takdir yang tidak bisa dihindari . sebenarnya kita mengtahui bahwa mayoritas penyebab kecelakaan itu dapat dicegah atau ditanggulangi.

Cara Mencegah Kebakaran Di Rumah Yang Mudah Dan Gampang

Berikut blog tips membuat rumah share tips menanggulangi kebakaran dengan mudah sehingga pemilik rumah dan anggota keluarga dapat menerapkannya yakni,

1. Waspada Ketika Memasak

Kebanyakan kebakaran dimulai dari api yang muncul di dapur rumah dari kegiatan masak-memasak ibu, apalagi sekarang ada tabung gas elpiji 3 kilogram yang sering kali bocor atau ngowos. Maka penting bagi Anda untuk mengecek apakah ada bau gas elpiji atau suara bocor dari tabung gas sebelum menyalakan kompor.

Kemudian jangan sampai lupa atau meninggal sesuatu di atas kompor ketika memasak, sering kali ibu melakukan hal ini dan mereka baru sadar saat api sudah membesar di dapur mereka.

2. Hati-Hati Memakai Alat Elektornik

Penyebab kedua kasus kebakaran paling umum adalah alat-alat elektronik terutama setrika, rice cooker, oven listrik, televisi, radio dan lainnya. Tips mengatasi kebakara di rumah jenis ini ialah dengan menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar semisal buku, kertas, tirai jendela, bahan plastik dari alat-alat elektronik yang diduga akan menjadi pemicu terbakarnya rumah.



3. Rokok

Rokok dan merokok sudah membahayakan kesehatan buat kesehatan dan ditambah lagi menjadi penyebab ketiga paling umum kebakaran di rumah. Kebanyakan perokok sudah sangat nyaman dengan putung rokok sehingga mereka teledor dengan membuang putung rokok yang masih membara dan kemudian bersentuhan dengan benda-benda yang terbakar seperti kain, sofa, karpet, tirai dan lainnya.

Tips pencegahan kebakaran di rumah ialah dengan tidak merokok lagi atau kalau tidak bisa sobat bisa merokok di luar rumah sehingga kejadian kebakaran karena rokok tidak menimpa diri dan keluarga.

4. Merapikan Dan Merawat Listrik

Kabel listrik yang rusak seperti terkelupas dan putus dapat menyebabkan arus pendek atau konsletting sehingga menjadi penyebab kebakaran di rumah. Anda harus secara berkala melakukan pemeriksaan semua kabel listrik di hunia untuk memastikan dalam kondisi yang baik dan segera mengganti kabel listrik yang telah usang.

5. Hati-Hati Menggunakan Lilin

Lilin meskipun memiliki api yang kecil akan tetapi sering menjadi penyebab kebakaran di rumah, cara mengatasi kebakaran dengan preventif adalah dengan meletakkan lilin pada tempat yang aman semisal di atas meja terbuat dari besi dan menyinkirkan segala benda yang mudah terbakar di sekeliling lilin.

Oke sobat itulah cara mencegah kebakaran di rumah yang mudah dan bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap ancaman bahaya api di hunian.

0 Response to "5 Cara Mencegah Kebakaran Di Rumah"

Poskan Komentar