Cara Menyiasati Rumah Yang Gelap

Advertisement
Jika cahaya rumah Anda kurang sehingga menyebabkan rumah gelap. Anda bisa melakukan beberapa langkah dalam cara menyiasati rumah yang gelap. Cahaya memang menjadi faktor penting untuk kehidupan, termasuk cahaya di rumah. Segala aktifitas yang kita lakukan memerlukan cahaya yang cukup. Walaupun malam hari kita masih memerlukan cahaya yang cukup. Adanya cahaya yang cukup menjadikan sirkulasi udara dan juga kondisi rumah menjadi sehat dan tidak mudah lembab.

Tips membuat rumah terang yang terhindar dari suasana gelap di siang hari harus dilakukan dengan cermat dalam hal-hal detail semisal berapakah ukuran jendela dan kusen-kusen, letak penempatan genteng bahan kaca dan lainnya.

Cara Menyiasati Rumah Yang Gelap


Rumah yang gelap bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni:

1. Lokasi yang padat

Lokasi rumah sangat memperngaruhi bagus atau tidaknya cahaya bisa masuk ke dalam rumah. Cahaya pada rumah memang tidak hanya berasal dari sinar matahari. Namun sinar matahari adalah sumber cahaya alami. Lokasi rumah yang berada di padat penduduk akan sulit mendapatkan cahaya yang cukup. Salah satu solusi adalah dengan membangun lantai dua dengan harapan lantai atas akan menjadi lebih terang. Untuk menghindari rumah yang gelap pastikan Anda memilih lokasi rumah yang tepat sehingga mendapatkan cahaya yang cukup.



2. Ruangan yang sempit

Luas sebuah ruangan juga menjadi faktor bagaimana cahaya dalam ruangan. Ruangan yang sempit dan pendek cenderung lebih gelap daripada yang tinggi. Sebab ruangan yang sempit sudah memiliki kesan kecil dan pengap.

3. Pengaturan cahaya

Selain dari sinar matahari cahaya juga dihasilkan dari sinar lampu. Untuk setiap ruangan pada rumah jenis dan daya lampunya berbeda bergantung dengan luas ruangan. Misalkan pada ruang tamu, lampu led atau neon putih akan lebih cocok. berbeda dengan ruang tamu, kamar tidur lebih cocok dengan sinar agak redup sebab berfungsi sebagai tempat istirahat. Pengaturan letak lampu yang tepat bisa menjadikan rumah lebih terang. Misalkan bisa disiasati dengan menaruh cermin yang cukup besar untuk memantulkan cahaya.

4. Pewarnaan dan pengaturan perabot

Memilih warna cat dinding menjadi salah satu kunci untuk ruangan gelap atau terang. Dinding menjadi bagian yang paling lebar untuk memberikan kesan pada sebuah ruangan. Umumnya jika kita menginginkan ruangan terang, kita akan memilih warna putih. Padahal sebenarnya bukan hanya warna putih yang cocok. Warna-warna terang lainnya seperti biru muda, putih salju, hijau muda juga akan memberikan kesan ruangan lebih terang.

Jangan terlalu banyak memenuhi rumah dengan perabotan, karena itu menjadikan rumah berkesan gelap. Perabot yang ada di dalam rumah sebaiknya Anda tata dengan baik untuk menyiasati rumah yang gelap.

Demikianlah share tips cara menyiasati rumah yang gelap, semoga dapat memberikan trik yang baik untuk mendapatkan hunian penuh cahaya alami yang menghangatkan suasana hunian.

0 Response to "Cara Menyiasati Rumah Yang Gelap"

Poskan Komentar