Cara Renovasi Teras Rumah Lama Supaya Indah Lagi!

Advertisement
Merencanakan renovasi teras rumah lama menjadi salah satu pilihan agar rumah terlihat berbeda dan menjadi baru lagi. Merenovasi bagian rumah bisa bertujuan untuk memerindah tampilan dan memerbaiki fungsi bagian rumah. Teras rumah berfungsi untuk mempercantik rumah, juga bisa menjadi ruang tamu. Ketika kita melihat sebuah rumah, teras menjadi bagian pertama yang terlihat. Secara tidak langsung orang akan menilai bagaimana rumah dari terasnya.

Sebenarnya tidak semua rumah memiliki teras, namun di Indonesia sebagai bangsa ketimuran sudah menjadi bagian dari budaya rumah memiliki teras. Hal ini tercermin dari rumah adat berbagai daerah di Indonesia kebanyakan memiliki teras. Teras pada rumah terdiri dari teras depan, teras samping, dan teras belakang.


Ada beberapa aspek yang perlu ditimbang oleh orang ingin merenovasi teras rumah lama, yakni:

• Teras rumah lama rusak

Adanya kerusakan pada teras menjadi alasan utama untuk merenovasi. Merenovasi teras dan memperbaiki bagian yang rusak agar berfungsi dengan baik. Teras sendiri memiliki beberapa bagian. Atap teras, berfungsi untuk menutup bagian atas teras agar tidak terkena sinar matahari maupun hujan. Lantai teras, pada teras rumah utamanya teras depan memiliki lantai yang bisa dijadikan tempat santai keluarga dan juga tamu. Dinding teras, dinding pada teras menjadi satu dengan dinding rumah paling depan. Dinding ini akan menjadi kesan pertama bagaimana kondisi sebuah hunian.

• Untuk mengganti desain teras

Merenovasi teras rusak sekaligus mengganti desain teras. Bagian-bagian teras yang rusak memang tidak dapat ditentukan. Dalam merenovasi sering kali ada bagian-bagian yang harus diganti. Tidak ada salahnya mengganti dengan model atau desain yang baru. Misalkan ada ubin yang rusak, Anda bisa mengganti keramik dengan motif yang baru sehingga terlihat lebih bagus dan sesuai trend. Selain pada bagian lantai, bisa juga mengganti cat dinding pada teras, serta mengganti model tiang atau hal lain pada teras.

• Untuk memanfaatkan lahan di teras

Ukuran teras pada tiap rumah berbeda, ada teras rumah yang kecil ada pula teras yang cukup luas. Kebanyakan rumah yang berada di desa memiliki teras yang lebih luas daripada rumah di kota. Hal ini disebabkan lahan di kota yang terbatas. Jika teras rumah Anda cukup luas, bisa juga Anda bisa manfaatkan untuk ruang bermain anak, taman, atau hal lain. Tidak ada salahnya menerapkan cara renovasi teras rumah lama untuk menjadikan rumah lebih indah dan berfungsi dengan baik.

0 Response to "Cara Renovasi Teras Rumah Lama Supaya Indah Lagi!"

Poskan Komentar