5 Kunci Penataan Ruang Kerja di Rumah Agar Nyaman

Advertisement
Penataan ruang kerja di rumah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Tidak semua rumah memiliki ruang kerja. Kebanyakan ruang kerja terdapat di rumah pengusaha, bisnisman ataupun wiraswata bahkan pekerja freelance atau blogger. Hakikatnya ruang kerja adalah satu ruang yang dikhususkan untuk bekerja dari rumah, memudahkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan, atau ruang untuk mengumpulkan peralatan dan keperluan kerja pada satu tempat sehingga proses penyelesaian garapan bisa terfokus dan terhindar dari gangguan anak-anak.

Desain dan penataan ruang kerja di rumah pun berbeda dengan ruang kerja di kantor. Peralatan kerja di rumah tidak selengkap di kantor, sebab bersifat sekunder. Namun bagi orang yang bekerja hanya dari rumah penataan ruang kerjanya akan lebih lengkap.

Gambar desain ruang kerja minimalis, kredit gambar flickr.com

Langkah Menata Ruang Kerja di Rumah


1. Pilihlah tempat atau ruang yang difungsikan menjadi ruang kerja

Hal pertama, pilihlah tempat atau ruangan yang cocok. Ada dua kemungkinan pemilihan ruang kerja di rumah. Ruang kerja bisa digabung dengan ruang lain seperti kamar. Kedua, mengkhususkan satu ruangan untuk ruang kerja. Ruang kerja tidak harus luas, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong yang tersisa. Misalkan di area ruang keluarga atau kamar. Ruangan kerja yang ideal sebaiknya jauh dari keramaian mengingat orang bekerja membutuhkan konsentrasi.

2. Buatlah desain ruangan

Setelah menentukan ruangannya, buatlah desain ruang kerja Anda. Anda bisa mendesain sesuai keinginan. Anda bisa memilih satu tema khusus yang diikuti warna cat dan warna furniture yang sesuai tema.

3. Atur dan tata perlengkapan kerja

Siapkan furniture dan peralatan kerja apa saja yang Anda  butuhkan. Furniture yang harus disiapkan meja kerja, kursi, dan computer atau laptop. Selebihnya Anda bisa menambahkan hal-hal kecil seperti hiasan, jam, dan peralatan tulis.

4. Desain ruangan senyaman mungkin 

Tips interior selanjutnya yakni mengutamakan kenyamanan dalam desain dan penataan ruang kerja. Ciptakan ruang kerja yang membuat Anda senang dan betah bekerja di rumah. Jaga kebersihan dan kerapian di ruang kerja. Kenyamanan ruang kerja salah satunya pemilihan kursi dan pengaturan meja. Pilihlah kursi yang membuat Anda nyaman bekerja. Apalagi jika pekerjaan Anda hanya di depan komputer atau laptop. Sesuaikan pula tinggi meja dengan tempat duduk.

5. Pastikan cahaya dalam ruangan cukup

Ketika Anda bekerja dengan barang elektronik semisal laptop mata Anda akan terkena radiasi cahaya. Pastikan cahaya dalam ruang kerja Anda cukup. Pilihlah lampu yang tepat dan warna yang tidak terlalu menyolok.

Terapkan beberapa langkah di atas untuk ruang kerja Anda di rumah. Bisa juga dengan modifikasi lainnya agar sesuai selera, karena kenyamanan tetap menjadi prioritas utama dalam menata ruang kerja di hunian tercinta!

0 Response to "5 Kunci Penataan Ruang Kerja di Rumah Agar Nyaman"

Poskan Komentar