Biaya Renovasi Atap Rumah Sesuai Bahan

Advertisement
Untuk merenovasi rumah, termasuk di dalamnya biaya renovasi atap rumah. Atap menjadi bagian terpenting dari sebuah hunian atau rumah. Bagian yang berfungsi melindungi penghuni dan juga bagian dalam rumah dari panas maupun hujan. Bahan yang digunakan untuk membuat atap rumah sangat bervariasi. Genteng adalah salah satu bahan yang paling populer digunakan masyarakat kita. Ini adalah beberapa bahan pembuat atap rumah dan ulasan mengenai kelebihan serta kekurangan.


1. Atap genteng

Atap genteng terbuat dari beberapa bahan utama. Genteng dari tanah liat merupakan yang paling ekonomis. Harganya berkisar antara 1.000-2.500 per psc. Anda tinggal mengukur berapa luas dan menghitung berapa jumlah genteng yang dibutuhkan. Selain berbahan tanah liat, genteng juga berasal dari bahan keramik, metal yang mempunyai harga lebih mahal. Pemasangan atap genteng membutuhkan kayu yang lebih banyak, yakni kayu bandar, usuk, dan reng. Namun, atap genteng masih dipercaya publik Indonesia sebagai pilihan terbaik karena membuat rumah sejuk dan enak dipandang.

2. Atap sirap

Ada dua jenis atap sirap. Sirap dari kayu dan fiber. Kualitas kayu yang digunakan harus dipilih dengan baik. Harga sirap kayu cenderung lebih mahal daripada bahan genteng. Sedangkan sirap modern atau yang berbahan fiber memiliki bentuk yang hampir sama. Bentuk atap sirap persegi panjang yang berujung runcing. Atap sirap banyak digunakan untuk rumah tradisional, keratin atau kerajaan.

3. Atap metal (baja ringan)
Untuk Anda yang menyukai bentuk atap modern bisa memilih atap berbahan baja ringan. Bahannya yang ringan dan harganya tidak terlalu mahal sekarang banyak digemari. Dengan ukuran 0.25mm daun 1x5 harganya berkisar antara 20.000 – 30.000. Atap ini cocok digunakan untuk bangunan yang memiliki ukuran cukup luas. Harganya lebih murah dan pemasangannya lebih mudah sebab ukurannya luas.

4. Atap Asbes

Atap asbes juga sering dijadikan pilihan. Asbes ini digunakan tidak untuk bagian rumah. Asbes biasanya digunakan untuk bagian bagasi, dapur, belakang rumah, atau untuk jemuran. Sebab bahan asbes ini memiliki banyak kelemahan. Bagian rumah yang beratap asbes jika cuaca panas akan terasa sangat panas dan jika cuaca dingin akan terasa sangat dingin. Harga atap asbes relatif murah berkisar antara 35.000 - 50.000 dengan ukuran 210x105 mm. Renovasi rumah minimalis dengan atap asbes juga sangat mudah dikarenakan desain pemasangan kayu dan asbes yang cukup sederhana, memudahkan tukang kayu dalam melepas dan memasang asbes yang baru.

Jika Anda berencana merenovasi atap rumah, pilihlah bahan yang sesuai. Pertimbangkan beberapa hal, seperti, kenyamanan penghuni, keindahan bentuk bangunan, serta kualitas dari bahan. Kualitas bahan sangat berpengarh untuk kenyamanan, apalagi jika cuaca sering kali berubah. Sesuaikan juga dengan rincian harga/biaya renovasi atap rumah di atas.

0 Response to "Biaya Renovasi Atap Rumah Sesuai Bahan"

Poskan Komentar