Cara Membuat Rumah Sederhana Dari Bambu Yang Murah

Advertisement
Cara membuat rumah sederhana dari bambu yang murah dapat menghemat pengeluaran Anda dalam mempunyai hunian yang asri dan menyatu dengan alam sekitar. Tahukah Anda bahwa berapa biaya untuk membangun rumah bambu pada jaman modern saat ini ? Maka jawabannya cukup murah dibandingkan dengan hunian dari bahan lain semisal semen, kayu jati dan lainnya.


Perlu kita ketahui bahwa ada lebih dari 1.500 jenis bambu yang ada bumi ini, dan cukup beruntung kita hidup di negeri yang ditumbuhi berbagai bambu dengan baik.

Yang anda butuhkan dalam membangun rumah sederhana dari bambu adalah kerja keras! Anda bisa membuat rumah bambu berukuran kecil dengan tangan sendiri namun itu membutuhkan waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda mengajakan anak-anak dan isteri dalam membuat rumah bambu kecil ini. Anda bisa mengerjakannya di waktu liburan panjang atau akhir pekan, anggaplah ini adalah wisata edukasi bagi anak-anak 



Namun jika rumah sederhana dari bambu itu akan menjadi tempat tinggal Anda dan keluarga maka Anda membutuhkan para pekerja pengrajin bambu atau tukang bangunan yang sudah terbiasa dengan pekerjaan pengolahan bambu ini. Berikut tips membuat rumah bambu sederhana yang murah dan mudah dikerjakan sendiri yaitu :



1. Temukan Pemasok Bambu Yang Murah
Bambu yang dibeli di toko bangunan akan lebih mahal jika dibeli langsung dari pekarang atau kebun masyarakat sekitar. Pada umumnya para pemilik kebun bambu akan memberikan harga yang murah jika dibeli secara partai atau jumlah besar.

2. Menentukan Lokasi Rumah Bambu
Seperti tips membangun rumah pada umumnya maka Anda memerlukan lokasi yang strategis dalam mendirikan sebuah tempat tinggal. Anda bisa memilih tanah di pinggir jalan raya atau sedikit masuk dari jalan raya supaya Anda bisa mendapatkan akses yang cukup baik di masa depan.



3. Menentukan Desain dan Denah Rumah Bambu
Anda bisa menggunakan jasa para arsitek yang ahli dalam membuat desain dan denah rumah bambau sederhana yang berukuran luas dan besar. Tingkat kerumitan membuat desain rumah bambu itu bisa dipecahkan juga ketika Anda berkonsultasi dengan baik kepada para pengrajin supaya tidak mengeluarkan biaya seperti membayar jasa arsitek.

4. Proses Pembangunan Rumah Bambu Sederhana
Gunakan pondasi rumah dari beton supaya cukup kuat menahan beban rumah sederhana dari bambi ini. kami sarankan supaya menggunakan lantai kayu supaya terlihat lebih alami dan begitu pula bagian atap memakai palm atap jerami. 



Lanjutkan dengan memilih dinding dengan menggunakan bambu-bambu kecil yang disatukan secara berjajar, atau bisa juga belahan panjang bambu yang diayam untuk bagian dinding dan langit-langit. Kamar mandi rumah bambu sebaiknya tetap menggunakan bahan keramik dan semen karena tahan terhadap siraman air dan udara lembab.

Sekian tips cara membuat rumah sederhana dari bambu yang murah untuk dipahami dan diaplikasikan dengan sesuai dengan pemikiran Anda.

0 Response to "Cara Membuat Rumah Sederhana Dari Bambu Yang Murah"

Poskan Komentar