Cara Membuat Kanopi Yang Murah Dan Mudah

Advertisement
Cara membuat kanopi yang murah dapat diplikasikan dengan beberapa langkah dari perencanaan hingga proses konstruksi di lapangan. Kanopi menjadi trend pada rumah minimalis modern atau sederhana karena banyak manfaat yang didapat dari kanopi.


Jika pembaca memiliki ruangan bagian depan rumah yang tidak menarik dan sangat panas jika matahari sudah mulai meninggi semisal hunian yang menghadap timur atau barat, maka rumah Anda membutuhkan perubahan dengan membuat kanopi yang murah namun bagus.

Kanopi rumah adalah cara murah dan mudah dalam memblokir sinar matahari yang sangat menyengat di siang karena yang dapat membuat hawa rumah bertambah panas dan cat kendaraan menjadi kusam.


Cara Membuat Kanopi Yang Murah Dan Mudah


1. Perencanaan Pembuatan Kanopi
Perlu dipahami bahwa kanopi yang murah itu dibuat dengan mengutamakan fungsi dari bagian rumah ini dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas namun tidak perlu berharga sangat mahal. Anggarkan dahulu biaya membuat kanopi rumah sesuai dengan dana yang tersedia semisal 5 juta rupiah.

Setelah itu tentukan desain kanopi yang akan dibangun apakah mengusung desain sederhana ? Minimalis ? atau tradisional ?

2. Membangun Lantai Dasar Kanopi
Kanopi yang berdiri tentu harus ada lantai dasarnya dahulu, Anda bisa membangun lantai dari semen yang cukup murah. Bahan yang dibutuhkan hanya semen, batu kerikil, gamping dan pasir. Akan lebih murah jika Anda mengerjakan pembuatan lantai di bawah kanopi ini. Jika ingin lebih mudah maka bisa menggunakan bata paving karena tinggal meratakan tanah kemudian menyatukan satuan paving-paving dengan pasir.

3. Pembuatan Tiang Dan kerangka Kanopi
Tiang kanopi yang awet ialah terbuat dari besi baja ringan, besi baja ringan bisa didapat dengan murah apabila Anda dapat ke penjualan barang bekas atau rongsokan besi. Lakukan tawar menawar dengan penjual besi rongsokan untuk mendapatkan potongan harga. Setelah itu baru Anda datang ke tukang las untuk menyatukan batangan besi baja ringan menjadi pilar dan kerangka kanopi.

4. Pendirian Tiang kanopi
Sebaiknya Anda mengajak saudara, anak yang sudah besar atau teman untuk mengerjakan hal ini sehingga biaya upah tukang bisa dikurangi. Siapkan segala peralatan mulai dari tang, palu, paku, mur dan baut. Lakukan pendirian tiang kanopi dengan perlahan dan hati-hati.

5. Finishing Cara Membuat Kanopi Yang Murah
Pasang atap kanopi yang diinginkan semisal asbes, kaca, plastik, genteng dan lainnya. Selanjutnya cat tiang dan kerangka kanopi dengan warna kesukaan semisal hitam, coklat dan lainnya.

Sekian cara membuat kanopi yang murah dan mudah yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah.

0 Response to "Cara Membuat Kanopi Yang Murah Dan Mudah"

Posting Komentar