Cara Membangun Rumah Sederhana Tahan Gempa

Advertisement
Kita yang tinggal di Indonesia tentu tahu bahwa ada garis pegunungan yang setiap saat bisa menjadi penyebab terjadinya gempa. Maka cara membangun rumah sederhana tahan gempa harus diketahui dan dipraktekkan langsung ketika proses konstruksi hunian supaya seluruh anggota keluarga bisa merasakan aman dan nyaman dari resiko gempa yang setiap saat bisa terjadi.



Setelah gempa besar yang terjadi di Bantul beberapa waktu lalu membuat masyarakat bertanya-tanya bagaimanakah cara untuk membangun sebuah bangunan tahan gempa ? Maka setelah kami cari di internet ternyata ada teknik rekayasa yang dapat diterapkan untuk membangun struktur yang sangat kuat ketika datang gempa yang kecil atau bahkan gempat berkekuatan besar sekalipun.

Menurut fakta di lapangan dari beberapa kejadian gempa menyebutkan bahwa konstruksi atau struktur bangunan yang paling berbahaya ketika terguncang gempa pandang adalah batu bata yang hanya ditumpuk ke atas atau blok beton. Jenis konstruksi seperti ini ketika datang gaya lateral dari gempa maka pucuk dinding akan runtuh begitu pula atapnya akan jatuh menimpa seluruh apa yang ada di dalam rumah termasuk para penghuninya.


Insinyur bangunan telah menciptakan desain bangunan yang dapat menahan gerakan ke arah samping akibat gempa sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada struktur dan memberikan waktu yang cukup dan kesempatan besar bagi penghuni rumah untuk segera keluar rumah dengan aman dan selamat.

Setiap bangunan pada dasarnya dirancang dan dibuat untuk menahan beban dari arah vertikal (atas) baik itu pondasi, dinding dan kerangka atap supaya semua kelengkapan rumah dapat berdiri semisal pintu, jendela, kusen, genteng dan lainnya.


Sedangkan gempa bumi menciptakan beban lateral atau ke arah samping sehingga perlu struktur bangunan yang sedikit lebih rumit daripada struktur pada umumnya. Salah satu tips cara membuat struktur rumah sederhana tahan gempa ialah dengan membuat banyak ikatan yang meliputi tembok, lantai, kerangka atap dan lainnya ke pada kotak kaku yang dapat menahan ikatan itu secara bersama-sama pada saat struktur rumah diguncang gempa.

Salah satu teknik membangun rumah sederhana tahan gempa ialah struktur atau desain mengapung pada sistem bantalan bola dan bantalan silinder. Stuktur seperti ini akan mempunyai peredam kejut seperti yang ada pada sistem sasis mobil, sistem bantalan akan memungkinkan bangunan rumah tidak ikut gemetar ketika tanah gemetar (bergeser) akibat gempa dahsyat.

Ada juga cara membangun rumah sederhana yang tahan gempa dengan membuat semacam parit yang mengelilingi struktur bangunan atau ibarat zona penyangga yang membuat setiap bagian rumah tidak ikut berayun (gemetar) secara bersama-sama ketika struktur bangunan diguncang gempa.

Sekilas tips cara membangun rumah sederhana tahan gempa yang dapat Anda pahami dan terus dikaji supaya dapat segera aman terhadap bencana alam yang mengerikan ini.

0 Response to "Cara Membangun Rumah Sederhana Tahan Gempa "

Poskan Komentar