Cara Membangun Rumah Ramah Lingkungan

Advertisement
Ada orang yang tanya kepada saya kenapa dunia ini semakin panas ? Saya termenung sesaat kemudian  hati dan pikiran menyimpulkan sesuatu pemikiran yang mengatakan bahwa dunia ini panas akibat ulas manusia itu sendiri dengan melakukan kerusakan semisal ilegal logging, asap polusi industri, malas menanam tanaman berdaun hijau dan lainnya. Usaha terakhir yang dapat kita lakukan ialah menerapkan tips cara membangun rumah ramah lingkungan yang minimal membuat kehidupan lingkungan sekitar kita menjadi lebih segar, sejuk dan sehat.

Cara Membangun Rumah Ramah Lingkungan
Cara Membangun Rumah Ramah Lingkungan

Berikut kami paparkan cara membuat rumah ramah lingkungan pada daerah perkotaan di antaranya yaitu :

1. Meminimalisir Bahan Material Kayu

Tahukah Anda bahwa material kayu bangunan itu adalah hasil penebangan pohon-pohon besar yang ada di kebun masyarakat dan hutan di seluruh nusantara. Kebiasaan menggunakan material kayu pada rumah ini jika dirubah dengan material semacam plastik hasil daur ulang, besi baja ringan, aluminium dan lainnya tentu pepohonan tidak lagi menjadi sasaran bisnis bahan bangunan karena permintaan masyarakat akan kayu yang menurun drastis.

2. Jangan Terlalu Banyak Kaca

Rumah kaca atau rumah dengan jumlah kaca yang terlalu banyak paling tidak akan membuat sinar dan panas matahari itu dipantulkan ke lingkungan sekitar sehingga suasana dan udara terasa lebih panah lagi. Rumah dengan dindin dari tembok dan atap dari genteng dapat menyerap panas dan sinar matahari lebih baik lagi.

3. Membuat Taman Dengan Pepohonan Besar


Pahami bahwa lingkungan Anda sekitar membutuhkan pohon-pohon besar ! Pepohonan berukuran besar yang akan tumbuh di taman hunian Anda akan memproduksi udara oksigen dalam jumlah begitu besar dalam setiap harinya tanpa disadari. Pepohonan besar dan hijau di rumah akan menampung jutaan liter air apabila hujan datang sehingga bencana banjir akan dapat dicegah apabila seluruh masyarakat menyadarinya, namun Anda harus menunjukkan contoh membangun rumah ramah lingkungan dengan hal ini.

4. Tanam berbagai jenis tanaman bunga dan buah

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan setiap harinya, nah tanaman bunga dan buah di taman rumah minimalis akan menjadi sumber makanan bagi hewan semacam serangga, burung, kelelawar dan hewan kecil lainnya. Niatkan ketika menanam tanaman bunga dan buah itu untuk ibadah kepada Ilahi sehingga akan mendapatkan pahala besar tanpa disadari setiap harinya.

Itulah 4 tips cara membangun rumah ramah lingkungan yang dapat Anda contoh dan terapkan secara teknis pada proyek konstruksi tempat tinggal mulai dari sekarang.

0 Response to "Cara Membangun Rumah Ramah Lingkungan"

Poskan Komentar