Harga Pembuatan Atap Rumah Kayu Dan Baja Ringan

Advertisement
Masyarakat perlu tahu harga pembuatan atap rumah kayu dan baja ringan supaya dapat merencanakan anggaran pembangunan hunian dengan tepat sehingga tidak mengalami pemborosan atau kaget dengan biaya pembangunan hunia yang akan dikeluarkan ke depan. Bagian terpenting dari sebuah rumah ialah atap karena bagian ini akan melindungi penghuni rumah dari terik sinar matahari dan guyuran air hujan serta debu-kotoran yang jatuh dari langit.

Harga pengerjaan atap rumah harus Anda ketahui supaya tidak mengalami kerugian besar bahkan tidak ditipu atau dicurangi oleh kontruktor yang membangun rumah kita. Kita ketahui bahwa banyak sekali orang yang melakukan penipuan pada saat traksaksi jual beli barang dan jasa, termasuk jasa pembuatan atap rumah yang semakin dibutuhkan oleh masyarakat tanah air.



Tips Membuat Atap Rumah

Perkembangan properti di tanah air semakin membaik dalam waktu belakangan meskipun dampak dari kebijakan pemerintah dalam menaikkan BBM, TDL dan kebutuhan mendasar lainnya membuat daya beli masyarakat menjadi turun.

Atap dari susunan genting ialah yang paling populer di tengah-tengah masyarakat negeri ini. Genteng mampu menyerap panas dengan baik karena dibuat dari bahan tanah liat dan disamping itu genteng tidak menimbulkan suara berisik pada saat hujan deras datang, akan tetapi atap dari genteng cukup mahal bagi kalangan kelas bawah.



Bagi pembaca yang berhasrat untuk memperbaiki atau membuat atap rumah maka bahan asbes dan spandek bisa dipertimbangkan karena biayanya murah dibandingkan dengan genteng. Akan tetapi kekurangan dari asbes ialah hawa panas pada siang hari dan suaranya begitu berisik pada waktu hujan turun. Anda bisa menggunakan alumunium Foil untuk mengurangi panas dan suara berisik dari asbes atau spandek.

Banyak orang bilang bahaya asbes ialah terletak pada debu-debu yang berguguran akan menyebabkan penyakit kanker paru-paru, akan tetapi bila dipadu dengan lapisan alumunium foil dan plafon, maka debu tidak akan berterbangan di dalam ruangan rumah yang berarti aman bagi kesehatan Anda.

Untuk kerangka atap ada beberapa pilihan yang juga bisa disesuai dengan dana dan selera para pembaca di antaranya yaitu kayu, beton dan besi baja ringan. Pertimbangannya yaitu pertama, kayu bisa berharga murah bila memilih balok kayu semacam borneo dan meranti, sedikit lebih adalah kayu kamper dan mahoni. Dan paling mahal ialah kayu jati untuk kerangka atap rumah.

Beton dan besi baja ringan untuk kerangka atap rumah harganya mahal untuk kalangan kelas bawah, namun bisa ditekan harga pembuatan rumah dari beton dan besi baja ringan apabila menggunakan bahan-bahan dengan kelas bawah.

Contoh Perhitungan Harga Pembuatan Atap Rumah
Sebagai contoh pembuatan atap rumah besi baja ringan bisa lebih murah daripada bahan kayu balok di antaranya yaitu :
  1. Baja CNP 0.75 x 6 = 39 batang (Rp 70.000perbatang) = Rp 2.730.000
  2. Baja reng = 56 batang (Rp 37.000 per batang) = Rp 2.072.000
  3. Paku baja besar = 2 dus (Rp 13.000 per dus) = Rp.26.000
  4. Paku baja kecil = 2 dus (Rp 9.000 per dus)  = Rp.18.000
  5. Gunting baja = 1 unit = Rp.100.000
  6. Kunci besi 10 (pembengkok besi) = 1 unit = Rp.15.000
TOTAL biaya pembuatan atap rumah dari besi baja ringa = Rp 4.961.000

Anda bisa membandingan biaya pembuatan atap rumah dengan rangka kayu yaitu :
  1. Balok 6x 12  = 25 batang (Rp 110.000 per batang) = Rp2.750.000
  2. Kaso 4×6  = 80 batang (Rp 40.000 per batang) = Rp.3.200.000
  3. Reng 3×4 = 90 batang (Rp 30.000 per batang) = Rp.2.700.000
TOTAL biaya pembuatan atap rumah dari kayu = Rp.8.650.000

Sampai di sini dulu ulasan harga pembuatan atap rumah yang bisa dijadikan patokan bagi pembaca dalam membangun hunian terbaik bagi keluarga.

0 Response to "Harga Pembuatan Atap Rumah Kayu Dan Baja Ringan"

Poskan Komentar