Cara Mengatasi Rumah Yang Kurang Cahaya

Advertisement
Meskipun negeri ini mempunyai cukup sinar matahari karena berada di kawasan katulistiwa, namun banyak juga para pemilik rumah yang tidak dapat merasakan cukup cahaya di dalam huniannya. Nah pada kesempatan ini kami akan share cara mengatasi rumah yang kurang cahaya supaya Anda mendapatkan kehidupan yang lebih hangat, sehat dan menyenangkan.

Sebenarnya faktor pencahayaan rumah itu dipertimbangkan pada saat merancang desain dan denah rumah, dan dikontrol pada proses konstruksi rumah oleh para pekerja bangunan atau pemborong konstruksi agar seluruh ruangan di dalam hunian mendapatkan cahaya yang banyak dan memberikan kenyamanan dan kesehatan penghuni tempat tinggal.



Akan tetapi apabila ruangan di rumah sudah terlanjur menjadi gelap karena kurang sinar matahari maka cara mengatasi ruangan rumah yang gelap sebagai berikut :

1. Renovasi Tembok Rumah Dengan Memberi Jendela.
Cara paling mudah dan efektif dalam mengatasi ruangan rumah yang kurang cahaya ialah dengan merenovasi tembok untuk menjadi tempat bagi jendela sebagai akses cahaya sekaligus udara keluar-masuk ruangan.

Anda bisa memilih berbagai varis jendela yang populer di masyarakat semisal jendela normal atau dengan daun jendela yang bisa dibuka-tutup atau jendela fixed yang permanen tidak bisa dibuka. Ukuran jendela bisa disesuaikan dengan kebutuhan cahaya atau luasnya ruangan. Pada waktu membangun jendela maka Anda juga bisa menambahkan tralis untuk menambah faktor keamanan atau ditambahkan kawat ram supaya tikus tidak bisa memasuki hunian dan lainnya.



2. Revosi Dinding Rumah Dengan Memasang Glass Block
Renovasi dinding dalam mengatasi ruangan yan gelap yaitu dengan menambahkan glass block yang berfungsi untuk menjadi akses cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Glass block ialah berbentuk mirip batu bata yang dibuat dari kaca sehingga tembus cahaya secara alami dan secara acak yang tidak memungkinkan orang lain mengintip darinya. Glass block pada umumnya mempunyai ketebalan seperti batu bata atau tembok normal

3. Memasang Kaca Buram Pada Dinding
Supaya cahaya dapat masuk ke ruangan yang gelap maka kaca buram bisa menjadi media yang tepat, kaca buram mempunyai ketebalan seperti kaca jendela akan tetapi kuat untuk digunakan sebagai dinding.

4. Renovasi Atap Rumah
Anda bisa memasang skylight pada bagian atap rumah, akan tetapi hal ini tidak umum di tanah air karena ada musim hujan yang panjang.

Cara mengatasi rumah gelap yang umum ialah dengan menambahkan genteng kaca, dan supaya cara ini sukses maka plafon juga harus dibuat bolong atau dipasangi kaca. Anda juga bisa mengganti genteng kaca dengan fiber glass.

Akan tetapi perlu Anda pahami dalam menerapkan tips mengatasi rumah yang kekurangan cahaya di atas ialah faktor panas matahari yang menyengat apabila cahaya yang masuk ke ruangan terlalu besar. Maka pertimbangkan ukuran sarana masuknya cahaya dengan kebutuhan Anda sewaktu siang hari agar tidak terlalu panas atau gerah.

Silahkan pembaca menerapkan tips cara mengatasi rumah yang kurang cahaya yang sudah kami paparkan, semoga sukses merenovasi rumah ya sobat !

0 Response to "Cara Mengatasi Rumah Yang Kurang Cahaya"

Poskan Komentar