Tips Mengatasi Rumah Banyak Nyamuk

Advertisement
Hidup di kawasan tropis seperti Indonesia sangat akrab dengan serangga kecil penghisap darah ini, nyamuk berkembang biak dengan subur di daerah yang kaya akan air dan curahan hujan. Tiap malam mayoritas keluarga di tanah air mengandalkan obat nyamuk, raket listrik, maupun semprotan demi menghindari gigitan nyamuk. Namun sebenarnya ada tips mengatasi rumah banyak nyamuk yang mudah dilakukan.

Sejumlah cara menghalau nyamuk di atas menimbulkan efek negatif bagi penghuni rumah, khususnya pada kesehatan pernapasan dan faktor keselamatan bagi anak-anak. Oke, berikut ini beberapa langkah dan tips rumah yang bisa diterapkan guna meminimalisir kedatangan nyamuk ke dalam tempat tinggal Anda antara lain:

1. Tanaman anti nyamuk
lidah buaya-tanaman anti nyamuk
Letakkan tanaman lidah buaya di pot dan tempatkan sudut ruangan semisal teras.

Ada sejumlah tanaman yang dapat mengusir nyamuk karena kandungan yang dimilikinya, antara lain bunga akar wangi, lidah buaya, kecombrang, zodia, geranium, lavender, serai wangi, selasih, rosemary, dan tanaman suren. Semua tanaman ini dapat ditanam di media pot atau lainnya yang memungkinkan kita menaruhnya di sekitar rumah atau ruang keluarga dan ruang tamu.

2. Pengaturan cahaya

Sudah umum diketahui bila nyamuk sangat senang berada di tempat gelap, karena itu Anda harus memastikan tata ruang dan perabotan rumah dapat memberikan pencahayaan yang cukup. Di siang hari cahaya yang masuk mestinya sangat banyak, indikatornya tidak ada tempat yang gelap saat matahari bersinar cerah. Sedangkan pada malam hari, rumah dapat diterangi dengan lampu hemat listrik.

3. Penyimpanan dan saluran pembuangan air
Buat selokan/saluran pembuangan air yang mudah dikontrol


Media beranak pinak spesies nyamuk adalah air yang tenang atau tak mengalir. Coba periksa kembali saluran pembuangan air di sekitar rumah, apakah masih lancar atau sudah tersumbat? Jika kondisi saluran di lingkungan sangat parah, maka waktunya warga bergotong royong membersihkannya. Tempat penyimpanan air seperti tangki, bak mandi, ataupun gentong dibersihkan sec    ara berkala.

4. Warna dinding dan lantai

Nyamuk suka sekali bersembunyi dan mengendap-endap di lantai atau dinding yang gelap. Sehingga penghuni rumah seringkali tidak bisa mengejar nyamuk yang bersembunyi. Pilih warna tembok dan lantai yang cerah, semisal putih, krem, kuning, biru muda, dan merah muda.

5. Gunakan kelambu

Cara tercepat dan sehat menghindari serangan nyamuk nyakni memasang kelambu di masing-masing tempat tidur. Dengan begitu nyamuk terhalangi dan Anda sekeluarga dapat tidur nyenyak tanpa menghirup bahan-bahan kimia beracun.

2 Responses to "Tips Mengatasi Rumah Banyak Nyamuk"

  1. thanks kang buat infonya....selain tanaman lidah buaya, ada lagi gak tanaman yang bisa ngusir nyamuk ?...kebetulan rumah ane sering dapet serangan dari nyamuk nih hehe...

    oh iya...kalo ada waktu luang, mampir2 kan ke lapak ane >> jual rumah

    BalasHapus
  2. Nyamuk emang selalu menjadi masalah, apalagi kasus DBD saat ini meningkat...terima kasih atas artikelnya..

    jasabangunmurah.com

    BalasHapus