5 Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Advertisement
Cara membuat rumah sejuk tanpa AC harus dipahami bagi Anda yang pernah memimpikan sebuah rumah yang bisa memberikan kesejukan dan kenyamanan, sebagian besar penduduk negeri ini mendapati huniannya mudah bersuhu panas karena kesalahan dari konsep desain.

Tak ayal pernah ada pikiran dalam benak semisal : Aduh kenapa aku membuat rumah dengan desain yang salah sehingga tempat tinggal terasa sangat panas ? atau berpikiran rumah harus saya renovasi supaya bisa lebih sejuk tanpa peralatan pendingin yang mahal !

Siapapun tidak akan betah tinggal di rumah yang bersuhu panas karena akan merasa sumpek, gerah, berkeringat dan membuat istirahat tidak puas. Apalagi musim kemarau datang, maka kegiatan yang paling asyik adalah selonjoran di ruangan keluarga di dalam rumah yang dingin. Namun hawa dingin itu harus didapat tanpa ada bantuan alat pendingin atau AC, karena jika menggunakan AC maka tidak terasa alami dan beberapa orang tidak alergi terhadap dinginnya AC.

Cara-membuat-rumah-sejuk-tanpa-AC

Kami akan berbagi tips agar rumah sejuk tanpa AC yang didapat dengan penerapan desain atau model bagian-bagian rumah yang baik dan benar di antaranya yaitu :

1. Membuat Lapisan Dinding Tanaman

Jika Anda sudah serius dalam melawan hawa panas dari terik matahari di dalam rumah, maka cobalah dengan membuat lapisan pada tembok yang berfungsi untuk menyerap panas sebelum masuk ke dalam ruangan dalam rumah. Cobalah untuk menanam tanaman yang cepat menjalar pada bagian samping rumah, dan sediakan media rambat supaya tanaman rambat bisa menyelimuti tembok dengan batang dan daunnya.

Tanaman juga digantung di dalam pot-pot yang diletakkan berjajar di samping rumah yang menghadap arah barat dan timur. Lapisan dinding tanaman dan pot tanaman ini juga akan memberikan udara segar penuh oksigen bagi penghuni rumah.

2. Membangun Atap Dengan Rumput

Desain rumah dengan atap rumput memang tidak populer di Indonesia, namun tahukah Anda bahwa dak di lantai atas secara efektif dapat menyerap hawa panas yang diakibatkan oleh terik matahari dibandingkan dengan hanya atap beton atau genteng.

Jika atap rumah Anda dari beton maka tidak dipungkiri akan mendapati suhu panas dalam ruangan rumah karena beton memang menjadi penghantar panas yang baik, oleh karena itu bangunlah dak beton dengan taman rumput di atas atap hunian. Maka akan secara otomatif suhu panas matahari akan diserap dengan baik oleh rerumputan hijau.

Memang pengerjaan konstruksi atap dengan taman rumput lebih kompleks dibandingkan dengan membuat taman di media tanah, namun apabila suhu ruangan sejuk maka usaha ini akan sangat berharga. Setidaknya Anda harus membuat atap rumput dengan 3 lapisan di atas permukaan beton yakni media tumbuh , rongga drainase serta lapisan kedap air.

Cara-membuat-rumah-sejuk-tanpa-AC

3. Membangun Rumah Dengan Jendela Rangkap 2 Daun

Model jendela rangkap 2 daun yang ditemukan pada rumah jaman dahulu ternyata adalah cara alami membuat rumah sejuk tanpa bantuan AC karena daun jendela yang berlapis dua ini akan menjadi sarana keluar masuk angin dengan ukuran yang besar atau luas.

Udara akan keluar masuk lebih lancar dengan menggunakan Model jendela rangkap dibandingkan dengan jendela 1 daun. Dan jendelan rangkap yang terdiri dari jendela kaca untuk memasukkan sinar matahari sebagai penerangan rumah di siang hari, dan jendela jalusi yang berfungsi sebagai media keluar masuk udara.

4. Menata Ruangan Rumah Dengan Benar

Anda harus benar dalam menatata denah rumah karena ini termasuk cara praktis dalam mendapatkan rumah yang bersuhu rendah. Denah ruangan dipisah menjadi 2 kategori, pertama adalah tempat dimana kegiatan pada sore dan malam hari, dan kedua adalah tempat dimana kegiatan dilakukan pada pagi dan siang hari.

Rancanglah ruangan kegiatan di pagi dan siang hari di bagian sebelah barat supaya tidak terkena sinar dan hawa panas semenjak terbit matahari hingga posisi matahari di atas kepala kita. Dan ruang untu kegiatan sore dan malam hari diletakkan di bagian sebelah timur supaya tidak terkena hawa dan sinar matahari dari posisi tergelincir hingga terbenamnya.

Contoh praktisnya yaitu meletakkan dapur di bagian rumah yang menghadap barat karena kita ketahui ibu-ibu lebih sering memasak pada saat pagi hingga siang hari.

5. Membuat Penangkap Angin

Udara sejuk dalam rumah bisa didapat jika kita berhasil membuat sirkulasi udara lancar keluar-masuk rumah. Kita ketahui dalam IPA bahwa udara akan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah maka arsitek bernama Mukti Andriyanto berhasil membuat perbedaan tekanan udara luar dan dalam rumah dengan membangun sebuah ruang kosong yang sempit berserta lorong.

Kami rasa sudah cukup ulasan buat sobat tipsmembuatrumah.blospot kami ini tentang 5 cara membuat rumah sejuk tanpa AC yang kami harap memberikan pengetahuan berharga.

3 Responses to "5 Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC"

  1. makasih infonya gan
    dp-bbmterbaru.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak mas, saya penasaran kenapa rumah saya agak gerah kalau di siang hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain tips di atas, pertimbangkan posisi rumah, penanaman pohon2 rindang sekitar rumah, penggunaan jenis lantai dan atap yg lebih dingin, dsb.

      Hapus