8 Kiat Membangun Rumah Minimalis

Advertisement
Sama halnya dengan cara membangun rumah pada umumnya, pembangunan rumah minimalis perlu memerhatikan beragam aspek mulai dari pondasi yang kuat hingga sistem ventilasi yang mencukupi. Namun, karena rumah minimalis dibangun dengan konsep memanfaatkan luas ruangan secara maksimal, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan dalam kiat membangun rumah minimalis. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk membangun rumah minimalis:


1. Maksimalkan ruangan

Setiap sudut ruangan dan furniture yang dipakai dalam desain rumah minimalis harus fungsional dan terlihat rapi. Karena itulah, dalam satu petak rumah yang akan didesain menggunakan gaya minimalis, perlu adanya pembagian ruangan yang tidak terlalu besar atau luas, tetapi lengkap mulai dari kamar, kamar mandi, hingga dapur.

2. Tinggi rumah

Usahakan rumah minimalis Anda tidak terlalu rendah karena akan terlihat semakin mungil dan sempit.

3. Manfaatkan bagian bawah atap

Pada rumah tingkat, bagian bawah atap yang miring bisa dijadikan sebagai ruangan yang fungsional, misalnya kamar mandi. Sudut ruangan yang tidak sempurna karena tertutup oleh bentuk atap yang miring tersebut bisa diubah menjadi tempat untuk meletakkan bath up bergaya minimalis.

4. Kreasikan warna

Pilihan cat dengan warna netral atau soft yang akan menambah kesan bersih dan luas pada ruangan. Tambahkan pola-pola sederhana yang tidak terlalu besar dan mencolok. Pilihlah furniture dengan tampilan yang modern dan berwarna netral, soft, atau pastel, seperti putih, krem, ungu muda, hijau tosca, dan lain sebaginya.

5. Pilihan lantai

Gunakan lantai berbahan porselen, kayu, atau keramik yang berwarna netral dan polos agar ruangan tidak tampak sempit.

6. Perbanyak ruang untuk menyimpan barang

Bagian-bagian yang tidak dapat Anda duga sebelumnya bisa menjadi tempat untuk menyimpan barang yang sangat fungsional. Anda bisa mendesain tangga untuk menuju ke lantai dua menjadi laci-laci untuk menyimpan buku atau barang-barang lainnya.

7. Maksimalkan tampilan jendela kaca

Jendela kaca pada desain rumah minimalis bukan hanya akan mempercantik ruangan, melainkan juga dapat membuat tampilan ruangan menjadi lebih luas.

8. Buatlah kamar tidur dengan gaya bertingkat yang modern

Sebuah kamar tidur yang tidak begitu luas bisa didesain sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk meletakkan dua tempat tidur sekaligus dengan tambahan ruang penyimpanan pada bagian bawah tempat tidur atau tangga menuju tempat tidur atas.

0 Response to "8 Kiat Membangun Rumah Minimalis"

Poskan Komentar