5 Tips Membuat Rumah Menjadi Sejuk Yang Murmer!

Advertisement
tips rumah agar sejuk
Selamat datang di blog TipsMembuatRumah.blogspot.com yang sederhana ini, semoga kehadiran blog tentang trik dan cara seputar hunian ini dapat membantu para netter sekalian. Tips membuat rumah menjadi sejuk menjadi harapan sekaligus visi dari semua penghuni rumah model apa pun. Tak ayal saat ini penjualan AC dan kipas angin terus meningkat di pasaran lokal. Rumah yang sejuk dapat membuat semua orang betah, termasuk para tamu yang sedang berkunjung. Karena itu banyak orang yang rela menghabiskan duit tak sedikit demi memperoleh kondisi rumah yang sejuk.

Sebenarnya membuat rumah menjadi sejuk tidaklah harus membutuhkan dana yang besar, namun lebih memerlukan kreativitas dan planning yang tepat. Menggunakan AC dan kipas angin memang cara tercepat untuk memperoleh angin dan udara yang dingin. Tapi kedua alat tersebut tentunya membuat pengeluaran bulanan naik, serta berdampak pada kerusakan alam lingkungan khususnya pada polemik pemanasan global. Beberapa langkah supaya rumah terasa sejuk alami antara lain:

1. Pembuatan taman di area rumah

Bila Anda memiliki area kosong di sekitar rumah atau di dalam rumah, sebaiknya mulai sekarang didesain menjadi taman yang berfungsi sebagai paru-paru rumah. Selain itu saat udara panas di siang hari, tanaman-tanaman akan mengeluarkan oksigen serta partikel uap air yang membuat udara dalam rumah segar dan dingin.

2. Atur bukaan lebih baik

Setiap rumah yang sejuk memiliki bukaan-bukaan yang tepat, artinya berbagai jendela, pintu dan lubang untuk angin diletakkan pada posisi yang memicu aliran angin tidak terhambat. Sehingga angin dapat mengalir dari luar ke dalam rumah dengan sangat baik. Ruangan yang buruk ventilasi udaranya tentu akan cepat membuat gerah siapa pun yang ada di dalamnya.

3. Memilih warna cerah

Sebaiknya warna cat rumah tidak dipilih yang terlalu gelap, warna yang bagus untuk lapisan luar rumah adalah putih, hijau, kuning, biru muda dan sebagainya yang mampu memantulkan panas dengan baik. Warna gelap dihindari karena mudah dalam menyerap dan menyimpan panas. Begitu pula dengan warna dari gorden, selambu, cat pintu dan jendela, dinding dan lantai rumah usahakan semua memiliki warna yang baik dalam menolak panas.

4. Pemakaian alat-alat elektronik

Alat-alat elektronik dapat menjadi pemicu timbulnya panas di area rumah, khususnya lampu, televisi, komputer, dispenser dan lainnya. Pakailah beberapa alat tersebut dengan hemat agar tidak menjadi sumber panas dalam rumah. Juga perhatikan tingkat suhu yang dihasilkan saat sedang menyala, khususnya bola lampu dan televisi. Tidak mengapa bila Anda harus membeli bola lampu baru yang lebih hemat listrik dan memiliki panas agak rendah.

5. Tanam pepohonan yang rindang

Untuk mengatasi sinar matahari pada siang hari, pemilikrumah dapat menanam jenis pohon yang dapat menjulang tinggi dan berdaun rindang. Bila di pedesaan kita kerap melihat pohon-pohon besar yang bisa meneduhi rumah-rumah, namun untuk keindahan rumah tidak disarankan. Sebab itu Anda dapat memilih jenis pohon rindang yang tetap mendukung penampilan rumah seperti pohon palm, pohon kelapa hibrida, bambu kuning, pohon cemara dan pohon tinggi menarik lainnya.

Sekian ulasan cara dan tips membuat rumah menjadi sejuk dari sebelumnya dan selamat berkreasi di rumah kesayangan!

0 Response to "5 Tips Membuat Rumah Menjadi Sejuk Yang Murmer!"

Poskan Komentar